Ada Tiga Penyebab Kaki Kram

Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F Moeloek. (Foto: Dok/Net)

Penyebab kaki kram tidak selalu diketahui, namun umumnya disebabkan maupun terkait dengan cedera saat berolahraga, kehamilan, dehidrasi, kekurangan asupan mineral tertentu atau akibat suhu dingin.

Berikut ini beberapa penyebab kram pada kaki, seperti dilansir laman Prevention, Rabu (5/9).

  1. Dehidrasi

Kram kaki memiliki berbagai pemicu, tetapi dehidrasi dan defisiensi mineral (terutama kalium, kalsium dan magnesium) adalah beberapa penyebab tersering.

Ketika Anda berolahraga, Anda mengeluarkan mineral atau elektrolit dan oleh karena itu, otot-otot Anda perlu berfungsi dengan baik.

Dan kekurangan mineral bisa menyebabkan kontraksi otot atau kejang, yang kita sebut kram.

  1. Sepatu terlalu ketat

Kram kaki juga juga berarti ketegangan yang tidak perlu atau aliran darah yang terbatas dari sepatu yang ketat.

Jika Anda tidak bisa menggoyang-goyangkan jari-jari kaki atau jari-jari kaki Anda mulai menggelitik setelah Anda mengenakan sepatu Anda, mereka berarti terlalu ketat.

  1. Umur

Umur, tentu saja, juga tidak baik untuk kaki Anda. Kram kaki sering muncul setelah seseorang berusia mencapai usia 50 tahun, ketika tulang kehilangan kalsium dan otot kehilangan elastisitas dan ketegangan untuk mendukung tubuh Anda.

Juga, ketika kita menua, fungsi saraf dan pembuluh darah kita tidak sekuat dulu.

Hal itu menyebabkan kram karena saraf Anda, yang memberikan nutrisi dan pesan ke otot Anda, tidak sepenuhnya memenuhi tugas.

Tidak ada obat ajaib atau obat yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi untuk kram jari kaki.

FDA tidak lagi merekomendasikan resep quinine (obat yang digunakan untuk mengobati malaria dan sekali waktu, kram otot) karena kontroversi atas kemanjuran dan keamanannya.

Dan penelitian menunjukkan bahwa suplemen magnesium tampaknya tidak membuat perbedaan sama sekali.

Sekarang, kabar baiknya adalah bahwa Anda bisa mengurangi dan mencegah kram jari kaki, dengan asumsi Anda tidak memiliki kondisi yang mendasarinya.

Berikut ini beberapa perbaikan yang patut dicoba:

-Pastikan Anda memakai sepatu yang tepat

Jalan menuju kejang yang lebih menyakitkan dimulai dengan sepatu Anda. Sangat penting untuk menemukan sepatu yang tepat untuk mekanisme unik tubuhmu Anda.

Anda sebaiknya memilih sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki/tumit Anda dan tidak terlalu kaku atau terlalu fleksibel.

Sepatu yang tepat seharusnya membuat Anda terasa seperti sedang berjalan di udara. Jika Anda mengenakan sepatu hak tinggi, cobalah beralih ke flat.

-Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi sangat penting ketika datang untuk mengatasi kram kaki. Sebaiknya Anda menambah elektrolit setelah berolahraga dengan minuman olahraga atau tablet pengganti elektrolit dan secara teratur mengonsumsi makanan tinggi potasium dan kalsium.

-Berolahraga dengan bijak

Jika Anda berolahraga terlalu berat, Anda bisa mengurangi skalanya karena Anda bisa menempatkan stres yang tidak perlu pada otot-otot Anda. Dan jika Anda tidak cukup berolahraga, mulailah bergerak. (Lb/Jpnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here