Kawasan KS Cilegon Menjadi Tempat Simulasi Penanggulangan Bencana Tingkat ASEAN

Kawasan Krakatau Steel @Istimewa

Cilegon, Liputanbanten.co.id – Provinsi Banten mendapat kehormatan sebagai tuan rumah ASEAN Regional Disaster Emergency Respone Simulation Exercise (ARDEX-18) tahun 2018 atau latihan bersama (gladi) penanggulangan bencana dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kerjasama negara-negara ASEAN dalam penanggulangan bencana .

Dikutif dari Antara.com, Pemilihan Provinsi Banten sebagai lokasi pelaksanaan ARDEX-18 tahun 2018 dikarenakan industri di Provinsi Banten berkembang pesat dan menjadikan pentingnya antisipasi terhadap dampak-dampak bahan kimia yang disebabkan bencana alam. Simulasi guna mengantisipasi ancaman gempa bumi dan tsunami yang berdampak terhadap bencana industri tersebut dilaksanakan di Kawasan Industri Krakatau, Kota Cilecon.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten Komari mengatakan, dengan ditunjuknya Provinsi Banten sebagai lokasi ARDEX-18 tahun 2018, menunjukan bahwanya kesiapan Provinsi Banten dalam menerima teknologi-teknologi baru dalam penanggulangan bencana.

”Semakin hari dampak dari bencana alam semakin beragam, bahkan dampak yang sebelumnya tidak kita bayangkan. Kedepannya Provinsi Banten bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain dalam hal kesiapan menerima teknologi-teknologi yang akan terus berkembang, khususnya dalam upaya antisipasi dampak bencana,” Komari.

Sementara Direktur Eksekutif ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Center) Adelina Kamal mengatakan, ARDEX merupakan latihan bersama (gladi) penanggulangan bencana yang rutin dilaksanakan dua tahun sekali, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kerjasama negara-negara ASEAN dalam penanggulangan bencana.

Sedangkan, ARDEX-18 merupakan kerjasama antara pemerintah Kota Cilegon, Pemerintah Provinsi Banten, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) se-Provinsi Banten, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta utusan negara-negara di kawasan ASEAN. Mereka dengan sigap memperagakan penanggulangan dampak bencana di Kawasan Industrial. (Lb/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here