KAI Banten Ambil Sumpah 47 Advokat

Pengambilan sumpah Advokat oleh Presiden KAI.

Tangsel, Liputanbanten.co.id – Sesuai dengan Undang-undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat Pasal 2 ayat (1) bahwa pengangkatan advokat dilakukan kepada sarjana yang berlatar belakang pendidikan tinggi hukum dan setelah mengikuti pendidikan khusus profesi advokat yang dilaksanakan oleh organisasi advokat.

Kongres Advokat Indonesia (KAI) Banten mengangkat 47 advokat setelah sudah dinyatakan melalui tahapan-tahapan pendidikan dan pelatihan khusus profesi, di Hotel Sol Marina Serpong Kota Tangerang Selatan, Jum’at, (8/12/2017) kemarin.

Dalam pengangkatan advokat tersebut dilakukan pengambilan sumpah dengan Pembacaan 7 (Tujuh) Ikrar Advokat KAI oleh Adv. Arman Suparman, SH., MH diikuti oleh seluruh advokat yang diangkat sebagai janji setia pada aturan KAI dan Undang-Undang 1945. Pengangkatan langsung oleh Presiden KAI H. Tjoetjo Sandjaja.

Turut hadir dalam pengangkatan Advokat tersebut diantaranya, Ketua DPD KAI Banten Toni Sastra, SH., MH., Rektor Universitas Wiraswasta, Perwakilan Kejaksaan Agung RI serta para keluarga yang diangkat.

Presidan KAI H. Tjoetjo Sandjaja mengungkapkan “bahwa saat ini KAI berada diposisi yang sangat disegani karena KAI menjunjung nilai keadilan yang memperjuangkan kebenaran serta membela hak masyarakat tanpa memandang kaya atau miski.” Ujarnya

Tjoetjo Sandjaja mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh advokat yang dilantik. Ia berpesan kepada para peserta, menjadi advokat tidak harus terkenal tetapi lebih menjunjung kepada profesionalitas serta setia kepada KAI.

“Jangan pernah melihat sebuah kasus yang ditangani dari nilai materi, tetapi lebih kepada tanggung jawab sebagai advokat. Bahwa sejatinya advokat menjadi pejuang kebenaran bagi masyarakat yang kurang beruntung”, tambahnya.

Advokat harus juga mengikuti trend yang ada. Kita tidak boleh tertinggal dari zaman now “bahwa kecanggihan tekhnologi juga harus diikuti oleh advokat sehingga kerja cepat, tepat dan tuntas bisa dilaksanakan sesuai alur yang ditentukan oleh aturan yang ada,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD KAI Banten Toni Sastra selaku fasilitator pengangkatan advokat ini berharap, agar setiap advokat yang sudah diangkat senantiasa selalu menjalankan tugas advokatnya dengan menjunjung tinggi kode etik advokat.

“Menjadi advokat senantiasa selalu mengedepankan kepada pembelaan atas hak masyarakat tanpa melihat kaya atau miskin klien. Karena sejatinya advokat mempunyai tanggung jawab atas profesinya,”tutupnya. (Lb/Imran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here