Miris, Penderita Kanker Meningkat

Ketua DPR Bambang Soesatyo. @Foto:Net/Liputanbanten.co.id

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Penderita kanker global diperkirakan telah meningkat menjadi 18,1 juta penderita baru dan 9,6 juta kematian di tahun 2018.

Data tersebut berdasarkan International Agency for Research on Cancer (IARC). Persoalan tersebut membuat Ketua DPR Bambang Soesatyo prihatin. Pusat Pengawasan Kanker Internasional (UICC) memperkirakan pada 2030 akan ada 21,7 juta warga dunia yang mengidap kanker.

“Laporan IARC tahun 2018 juga mencatat bahwa dari sekitar 267 juta jiwa penduduk Indonesia, sebanyak 348.809 menderita kanker, serta terdapat 207.210 kematian akibat kanker,” ujar Bamsoet di Jakarta, Minggu (10/02/19).

Politisi Golkar ini mengapresiasi MRCCC Siloam Hospitals yang telah menyelenggarakan kegiatan Charity Run 5K ‘Run for Hope dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia tanggal 4 Februari.

“Gaya hidup tidak sehat dikombinasikan dengan konsumsi makanan yang sembarangan, menjadi bukti bahwa sebagian dari kita abai terhadap kesehatan,” tutur Bamsoet.

Dengan rutin memeriksa kesehatan, Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini berharap setiap orang dapat mendeteksi sejak dini jika ada penyakit yang diderita, khususnya kanker. (Lb/Rmol/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here