Cilegon Akan Bangun Centra Batu Akik

Erlan
Erlan, peserta “Gemstone Festival” tengah memamerkan koleksi batu akik miliknya, Selasa (10/3). (Foto: Henny)

Cilegon, liputanbanten.com – Ini kabar gembira bagi anda penggemar batu akik. Di Kota Cilegon, saat ini sedang menggelar pameran batu akik (Gemstone Festival) khas Banten yang dilaksanakan di halaman Krakatau Junction, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Pameran ini akan berlangsung hingga beberapa hari mendatang dan rencananya, para pedagang batu ini akan diberi tempat khusus sehingga Kota Cilegon memiliki sentra batu akik.

Menurut Erlan, salah satu peserta pameran, batu akik dari Banten kualitasnya tidak kalah dengan batu akik dari daerah lain. “Harganya pun relatif bersaing dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tinggal bagaimana penggosoknya dalam ber-imajinasi menciptakan motif yang bermutu, “ katanya, Selasa (10/3). Karena itu, lanjut Erlan, dalam pameran ini lebih banyak memamerkan dan menjual bahan, dan menerima penggosokan.

Sementara itu, Sahruji, Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Cilegon, mengaku pihaknya memang sengaja memfasilitasi para pedagang batu akik ini sehingga mendapatkan wadah dalam pameran ini. “Untuk ke depan, rencananya Kadin akan mewadahi para pedagang di tempat khusus sehingga cilegon mempunyai centra batu akik,” ujarnya.

Pameran Gemstoni Festival ini akan berlangsung hingga beberapa hari mendatang. Tidak hanya batu akik yang sudah dijadikan batu cincin, batu akik yang masih mentah dan belum dibentuk pun ikut dipamerkan. Selain memarkan batu, di lokasi ini juga diadakan lomba mengasah batu sehingga didapat batu yang sangat berkualitas untuk dipamerkan dan dijual.

(Henny)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here