Empat Cara Hindari Dehidrasi Saat Cuaca Panas

Hindari minuman ringan (istock)
Hindari minuman ringan (istock)

Kesehatan, liputanbanten.com – Apa alasan di balik rasa haus? Haus adalah kebutuhan tubuh terhadap air. Ketika sistem Anda tidak memiliki cukup air untuk berfungsi dengan baik, rasa haus adalah bentuk dari sinyal tersebut. Fungsi tubuh manusia secara harmonis terjadi saat mereka memiliki keseimbangan cairan dengan kadar yang tepat. Ketika kekurangan terjadi, tubuh mulai memberikan tanda, yakni melalui haus.

Ketika haus diabaikan dan air dalam tubuh terus berkurang, beberapa masalah kesehatan pun mulai mengancam. Sakit kepala, dehidrasi, pusing, kulit kering, kelelahan, dan bahkan pingsan dapat terjadi ketika tubuh kekurangan cairan. Itulah mengapa penting untuk mengetahui bagaimana memuaskan dahaga, apalagi pada saat cuaca panas. Air minum memang cukup untuk memuaskan dahaga, tetapi ketika suhu terlalu tinggi maka beberapa tips lain mungkin diperlukan untuk membantu tubuh agar memiliki keseimbangan cairan.

Berikut adalah cara untuk menghindari dehidrasi pada cuaca panas, dilansir dari Boldsky:

Makanan

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap malam. Ini akan meminimalkan rasa haus selama pagi hari sebagai kandungan air dalam buah-buahan dan sayuran yang tinggal dalam tubuh untuk beberapa waktu.

Matahari

Semua pasti setuju bahwa paparan sinar matahari akan membuat Anda merasa haus. Lebih baik untuk tinggal di dalam rumah atau di dalam ruangan saat tengah hari.

Minuman ringan

Katakan tidak untuk minuman ringan karena mereka akan semakin meningkatkan rasa haus Anda. Juga, kurangi konsumsi permen. Lebih baik temukan cara untuk mengurangi kebutuhan tubuh Anda akan air.

Sodium

Lebih baik untuk meminimalkan asupan makanan asin dan pedas karena mereka akan membuat Anda merasa haus. (art/viv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here