Kemenhub Berangkatkan Peserta Mudik Gratis di Monas

Jakarta, Liputanbanten.co id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan program mudik bareng bertajuk ‘Mudik Bareng, Guyub Rukun! Mudik Bahagia’. Sebanyak 10.022 peserta mudik diberangkatkan pada pemberangkatan hari kedua.

“Hari ini kita menyelenggarakan salah satu tahapan dengan jumlah peserta 10.022 orang dengan menggunakan 218 bus,” kata Sekjen Dirjen Perhubungan Darat Hindro Surahman saat memaparkan kuota peserta mudik bareng di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (10/6)

Hindro menuturkan, pelepasan peserta mudik dilakukan selama lima haru yang berlangsung sejak tanggal 9 hingga 13 Juni 2018. Ia memaparkan, hari ini juga dilaksanakan pelepasan mudik gratis di Pemkab Tangerang.

“Pelepasan ada lima tahap, tanggal 9 sampai 13 (Juni) di kantor Pemkab Tangerang 10 Juni, terminal Jati Jajar, Depok 11 Juni, dan di kantor Pemkab Bekasi (tanggal) 12 Juni,” sebutnya.

Pada program tersebut, Hindro mengatakan, disediakan 1130 bus dan 70 truk untuk mengangkut penumpang dan sepeda motor. Sejumlah kendaraan tersebut, dikatakan oleh Hindro, mampu mengangkut 48.905 penumpang dan 3.000 sepeda motor.

“Kuota sebanyak 1130 bus, truk 70 untuk mengangkut motor dengan jumlah penumpang yang diangkut sebesar 48.905 dengan tujuan 32 kota. 3.000 sepeda motor dengan tujuan Jakarta-Lampung, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Semarang,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono menyampaikan, program mudik bareng tersebut mengalami peningkatan peserta hingga 50 persen dari tahun sebelumnya. Total peserta mudik gratis tahun ini sebanyak 247 ribu peserta.

“Mudik kali ini mengalami peningkatan luar biasa dari 2017. Hampir 50 persen dari 166 ribu yang selenggarakan tahun lalu. Sekarang 247 ribu (peserta),” kata Djoko di kesempatan yang sama.

Djoko pun mengungkapkan dirinya memberikan apresiasi terhadap seluruh stakeholder yang berkontribusi pada kegiatan mudik gratis tersebut. Ia pun berkomitmen akan meningkatkan jumlah peserta mudik gratis di tahun depan.

“Kami mengapresiasi tinggi kepada semua pihak terkait mudik ini. Saya mohon kepda peserta mudik bagikan pengalaman mudik ini ke saudara-saudaranya. Insyaallah, tahun depan kita akan meningkatkan lagi (jumlah pesertanya),” tutupnya.

Acara pelepasan peserta mudik gratis ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Eselon I dan II Kemenhub, dan Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto.(Lb/dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here