Pemkab Serang dan TNI Sinergi Bangun Desa

Serang, Liputanbanten.co.id – Pemkab Serang mengapresiasi kinerja Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang turut membantu Program Prioritas Kabupaten Serang dalam bidang infrastruktur. Hal itu dikatakan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Pagintungan, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Selasa (10/07/18).

Kegiatan yang merupakan bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat dalam membangun Desa baik fisik maupun non fisik.

Turut hadir, Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Besar Harto K, Wakil Gubernur Provinsi Banten Andika Hazrumy, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan dan Dandim 0602/Serang Letkol CZI Harry Praptomo.

Tatu menjelaskan, TMMD yang dilakukan telah membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan yang akan dilakukan pada badan jalan Desa Pagintungan dan Desa Cemplang dengan panjang 2.600 meter dan lebar 4,5 meter dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Serang.

“Kegiatan TMMD dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pedesaan dan keberhasilan dari peran semua pihak yang terlibat didalamnya termasuk pemanfaatan berbagai forum komunikasi yang ada di masyarakat dan pemanfaatan media massa yang dapat memberikan informasi ke masyarakat secara luas,” tuturnya saat memberikan sambutan.

Selain itu, pelebaran jembatan di Desa Pagintungan dengan panjang 6 meter dan lebar 5 meter, pembuatan gorong-gorong 6 unit, pembangunan RTLH 10 unit, pembuatan MCK 3 unit, pembangunan jalanan lingkungan dan bedah rumah 1 unit.

“mayoritas anggaran dari PUPR karena berkaitan dengan pembangunan dan kegiatan lainnya berupa non fisik juga dilakukan karena dibutuhkan oleh masyarakat di Kecamatan Jawilan,” imbunya.

Sementara itu, Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Besar, Harto K mengatakan, program TMMD ini dalam rangka memajukan suatu daerah. Sehingga, sasaran ke bawah secara bertahap dan menjadi evaluasi. “Kegiatan non fisik juga kita lakukan seperti membangun rasa kerjasaman, gotong-royong dan penyuluhan bagi masyarakat Desa di Kabupaten Serang,” katanya.

Menurutnya, Kecamatan Jawilan menjadi lokasi yang sinergis untuk dilaksanakannya kegiatan TMMD. Karena, memiliki sentra jagung yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

“Untuk itu kami membuat jalan, yang menghubungkan Desa Cemplang dengan Desa Pagintungan, sehingga akses transportasi ini bisa lancar,” ungkapnya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here