Mantan Walikota Serang Tb Haerul Jaman Diperiksa Bawaslu

Tb Haerul Jaman. (Foto: Liputanbanten)
Serang, Liputanbanten.co.id – Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Banten hari ini memeriksa Walikota Serang non aktif Tb Haerul Jaman yang kini maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI dan satu calon DPD RI Andiara Aprilia Hikmat serta Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim yang juga Caleg DPRD Banten terkait dengan keterlibatan kampanye kepala desa pada acara Apdesi beberapa waktu lalu.
Ketua Bawaslu Banten, Didih M sudi mengatakan, pemanggilan itu sebagai klarifikasi terkait keterlibatan ketiga Caleg dalam raker yang diadakan oleh forum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di hotel leadian beberapa hari yang lalu.
“Secara umum pemanggilan ini bagian dari klarifikasi terkait dugaan keterlibatan kepala desa dalam kampanye. Nah hal perlu kita klarifikasi,” kata ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi, Rabu (10/10).
Didih menjelaskan, dugaan keterlibatan kepala desa ini,  kemungkinan besar orang-orang yang akan di panggil akan bertambah, sesuai dengan perannya masing-masing yang hadir saat acara Apdesi tersebut.
“Iyah kalau klarifikasi menentukan sesuai dugaan awal keterlibatan kepala desa dalam kampanye, akan kita panggil ketua Apdesinya, peserta yang hadir, bisa juga kepala negara yang hadir dalam hal ini wakil bupati Serang Pandji Tirtayasa,” jelasnya.
Semuanya dikatakan Didih akan dipanggil kalau memang Bawaslu Banten butuh informasi lanjutan termasuk keterlibatan kepala desa dan aparatur sipil negara (ASN).
“Kalau melibatkan kepala desa bisa pidana tapi kita harus liat unsur-unsur nya terlebih dahulu¬† terbukti gak,” ujarnya.
Pantauan di lokasi TB Haerul Jaman hadir memenuhi panggilan Bawaslu sekitar pukul 11.00 Wib sampai pukul 14:00 pemeriksaan tersebut masih berjalan. (Lb/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here