Coba Masakkan Menu Ini Jika Anak Susah Makan

(Kuherbal.com)
(Kuherbal.com)

Ketika anak Anda terlihat mengalihkan hidungnya dari tomat, apakah Anda berharap ia menginginkan sup tomat? Atau jika ia bukan penggemar ayam panggang, bukankah satai ayam tidak akan masuk menunya? Tentu tidak.

Kemungkinan anak Anda termasuk si pemilih makanan. Para peneliti mengatakan, anak-anak tersebut menentang logika dan mungkin lebih terbuka terhadap makanan-makanan yang Anda singkirkan dari menunya.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, agar bisa menyajikan makanan tak terduga yang mungkin disukai oleh anak Anda yang pemilih, kami meminta pendapat dari Marcia Pelchat, PhD, ilmuwan di Monell Chemical Senses Center di Philadephia. Ia berkecimpung dalam bidang penelitian rasa. Apa yang disarankannya?

Tumis brokoli
Meskipun empuk, brokoli bisa terlalu lembek dan bau bagi anak-anak. Penelitian Dr. Pelchat menunjukkan bahwa menumis dengan sedikit minyak atau tumisan kering akan memberikan rasa yang tepat. Taburkan 2 cangkir brokoli matang dengan seperempat sendok teh garam untuk rasa gurih renyah yang disukai anak-anak tanpa menambahkan sodium terlalu banyak.

Sup tomat
Anak-anak yang pemilih menyukai rasa tomat yang mengandung vitamin C, tapi tidak dengan tekstur kulit yang licin serta biji tomatnya. Karena sup tomat pada umumnya tanpa kulit dan biji, ini adalah alternatif yang hebat. Buat sup tomat sendiri di rumah atau pilih merek dengan sodium rendah. Jika Anda merasakan penolakan, taburkan beberapa kerupuk berbentuk lucu.

Cumi goreng
Tak perlu berkomentar tentang cumi-cumi, dan sajikan sebagai onion rings mini. “Ketika saya memesan hidangan pembuka ini di sebuah restoran, anak laki-laki saya yang berusia 5 tahun mengambil sepotong dari piring saya dan menyatakan, “Ini adalah onion rings terbaik yang pernah aku coba,” kenang Dr. Pelchat. Buat cumi goreng dengan versi panggang di rumah untuk mengurangi kalori dan lemak.

Biji delima
Tentu, Anda sudah memberitahu anak Anda bahwa buah tersebut rasanya seperti permen. Tapi biji delima benar-benar mengingatkan anak-anak pada permen manis-dan-asam. Ketika musim buah delima berakhir bulan depan, belilah sekantong yang beku.

Satai ayam
Daging biasanya kelompok makanan terakhir yang dihindari para pemilih makanan, lapor Dr. Pelchat. Jika Anda mengalami kesulitan membujuk anak penggemar nugget untuk mencoba dada ayam panggang, potong daging tersebut kecil-kecil dan tusukkan dalam tusuk sate. Potonglah ujungnya runcing atau masaklah dengan stik es loli.
(Red/luk/ROL/Ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here