Mudik Lebaran, Mobil Angkutan Umum Tidak Layak Dilarang Beroprasi

Angkutan umum di Terminal Mandala, Kabupaten Lebak. @Foto: Ant/Liputanbanten.co.id

Lebak, Liputanbanten.co.id – Untuk menjaga keselamatan penumpang saat mudik lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak mengoptimalkan pemeriksaan uji kelaikan kendaraan.

“Kami melarang angkutan perkotaan dan perdesaan yang tidak laik beroperasi, karena bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak Sumardi di Lebak, Jumat (10/5/2019).

Pemerintah daerah berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak merayakan Idul Fitri agar selamat sampai tujuan. Untuk itu, pihaknya akan mengoptimalkan pemeriksaan uji kendaraan kepada angkutan umum.

Sebab, kata dia, angkutan yang tidak laik jalan membahayakan keselamatan penumpang. Apalagi, tofografi Kabupaten Lebak perbukitan dan pegunungan,sehingga membutuhkan kendaraan yang laik jalan.

Pihaknya akan melakukan tindakan tegas jika angkutan yang tak laik beroperasi melayani penumpang Lebaran 2019. “Kami terus berkoordinasi dengan pengelola terminal juga organisasi angkutan agar semua angkutan dilakukan uji kelaikan guna menghindari kecelakaan,” katanya.

Menurut dia, selama ini, angkutan perkotaan dan perdesaan di Kabupaten Lebak yang tidak laik beroperasi sekitar 40 persen dari 1.400 kendaraan. Apabila,kendaraan itu beroperasi dikhawatirkan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Pemerintah daerah sudah menyebarkan surat imbauan kepada pemilik angkutan agar dilakukan pengujian kelaikan kendaraan untuk memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa angkutan.

Selain itu, pihaknya pada H-7 akan melaksanakan inspeksi pemeriksaan kelayakan fisik kendaraan bertempat di Terminal Mandala. “Kami berharap semua angkutan yang melayani penumpang umum harus laik jalan,” katanya. (Lb/Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here