BNPB Dan AHA Centre Jalin Kerjasama Penanganan Bencana

Cilegon, Liputanbanten.co.id – Badana Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia bersama ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance (AHA Centre), melaksanakan simulasi Asean Regional Disaster Emergency Response Simulation Exercise (ARDEX). Rabu, 11 July 2018.

Terlihat dalam simulasi tersebut, melibatkan berbagai pihak seperti, Kementerian/Lembaga, TNI/Polri, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Cilegon, Pengelola Kawasan Industri Cilegon, lembaga usaha, organisasi non-pemerintah, dan negara negara asean.

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BNPB Wisnu Widjaja, Tujuan dari kegiatan ini adalah, untuk memperkuat kapasitas dalam menangani bencana – bencana besar, dalam skala nasional maupun asean dan keterlibatan negara – negara asean lainnya bisa ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam keterlibatan sebagai pelaku, perancang, pengendalian pelatihan, evaluasi, dan pengamat.

“Kami sangat berharap semua yang terlibat dalam perencanaan ini memberikan masukan dan partisipasi aktif untuk keberhasilan latihan sehingga, memberikan manfaat dan pembelajaran dalam upaya koordinasi, komunikasi, dan respon bersama di wilayah terdampak bencana,” ujarnya.

Selain itu, Direktur Eksekutif AHA Centre, Adelina Kamal mengatakan, Pihaknya mengapresiasi rekan – rekan BNPB dan BPBD yang sangat kooperatif selama persiapan ARDEX berulang.

” Indonesia memiliki portfolio manajemen bencana yang ekstensif, hal ini dapan menjadi pembelajaran bagi negara – negara asean lainnya dalam membangun ketangguhan bencana di tingkat regional,” jelasnya.

Ia juga berharap, ARDEX di selenggarakan di Kota Cilegon diharapkan menjadi capaian bersama untuk membangun kawasan regional yang tangguh menghadapi bencana.” Berdasarkan analisis resiko dari para pemerintah dan para ilmuwan, Kota Cilegon merupakan salah satu wilayah yang memiliki resiko tinggi dari bencana gempa bumi, tsunami, dan juga berpotensi mengalami bencana Industri,” tuturnya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here