Wisata Alam Cibanten Perlu Pengerukan

Serang, Liputanbanten.co.id – Objek wisata alam Cibanten yang berlokasi di Kampung Masigit, Desa Sukabares, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang kondisinya saat ini tidak terawat dan dipenuhi rumput. Akibatnya, objek wisata yang konon kabarnya sudah ada sejak jaman kesultanan Banten tersebut kini sepi dari pengunjung.

Salah seorang pedagang makanan diarea Objek Wisata Alam Cibanten, Abang mengatakan, ‎Kondisi Cibanten yang dipenuhi oleh rumput, dan sudah mengalami pendangkalan ini sudah terjadi selama empat bulan belakang ini. Menurutnya, selama ini petugas dari Pemerintah Daerah (Pemda) yang membersihkan rumput liar yang mengambang diarea wisata alam Cibanten tersebut dinilai tidak maksimal.

“‎Sudah beberapa hari ini memang ada yang membersihkan rumput rumput yang mengambkan, tapi tadi itu kadang – kadang mereka gak tuntas membersihkannya, gak sampai bersih,” katanya.

Kata dia, sebelum kondisinya memprihatinkan seperti ini banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah, baik dari Serang sendiri atau pun seperti dari Kabupaten Lebak, dan Pandeglang hanya sekedar untuk mandi dan menikmati kesejuhkan alam yang masih asri.‎

Namun melihat kondisi tersebut mereka justru mengurungkan niatnya untuk berwisata.”Jadi kemarin – kemarin itu ceritanya‎ banyak orang yang datang kesini niatnya mau mandi, tapi pas sampai sini gak jadi katanya takut gatal, terus takut ada ular. Ya akhirnya pulang lagi, walaupun datang kesini itu tak dipungut biaya sepeser pun” katanya.

Ia pun berharap intansi terkait untuk segera mengatasi‎ persoalan ini. Karena menurutnya, pengerukan Wisata Cibanten ini baru pernah dilakukan oleh mendiang Tb Khasan Sohib ayah dari Gubernur Banten Non Aktif Ratu Atut Chosiah.

“Saya berjualan disini sudah sekitar 8 tahun, dan saya asli kelahiran sini,‎ jadi setahu saya baru sekali dikeruk. Dulu itu kedalamannya satu batang bambu bisa luput sampai dasar, tapi kalau sekarang paling dalam saja paling 3 meter,” katanya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here