Februari Jenderal Idham Azis Penisun, Calon Kapolri Baru Sudah Ditangan Jokowi

Kapolri Komjen Pol Idham Azis.@Foto:Kmp/Liputanbanten.co.id

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Februari Jenderal Idham Azis akan pensiun. Kabarnya calon Kapolri baru sudah ditangan Presiden Jokowi. Kompolnas yang dipimpin Menko Polhukkam Mahfud MD sudah menyerahkan lima nama calon Kapolri kepada Jokowi, Jumat (8/1/2021) lalu.

Mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono (Akademi Kepolisian 1988A), Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar (Akpol 1988A), Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo (Akpol 1991), Kepala Lemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto (Akpol 1987), dan Kabaharkam Komjen Agus Andrianto (Akpol 1989).

Namun, siapa satu dari lima nama yang akan dikirim Jokowi ke DPR untuk uji kepatutan dan kelayakan masih tanda tanya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin mengatakan, Polri sebagai penegak hukum mesti diisi oleh orang-orang berkualifikasi sangat tinggi. Menurut dia, sosok Kapolri haruslah orang yang bersih, profesional, dan memiliki jam terbang tinggi.

“Supaya penegakan hukum di negeri ini berjalan baik, tidak tebang pilih, dan tentu juga agar Polri dicintai rakyat,” katanya di akun Ujang Komaruddin Channel di YouTube, Selasa (12/1/2021). Ujang lantas menyodorkan lima kriteria yang setidaknya bisa menjadi masukan atau didengar Jokowi dalam menentukan Kapolri.

Yang jelas, Ujang menegaskan siapa pun yang dipilih Pak Jokowi tentu itu adalah yang terbaik.”Semua yang terbaik untuk bangsa ini, untuk menegakkan hukum, menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, dan agar masyarakat cinta kepada Polri,” pungkasnya.(boy/jpnn/Ifn/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here