Pemkab Lebak Bakal Relokasi Korban Tanah Bergerak

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. @Foto: Net/Liputanbanten.co.id

Lebak, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Kabupaten Lebak, siap merelokasikan masyarakat korban retakan tanah di Desa Sudamanik, Kecamatan Cimarga.

“Kita berkomitmen melakukan relokasi bagi warga yang terdampak retakan tanah, karena dikhawatirkan menimbulkan korban jiwa,” kata Bupati Iti Octavia, Selasa (12/2/2019).

Pemerintah daerah menyiapkan lahan untuk masyarakat korban retakan tanah  seluas satu hektare untuk relokasi sebanyak 95 kepala keluarga. Pembangunan relokasi sebesar Rp1 miliar dari APBD Lebak.

Selama ini, retakan tanah yang menimpa warga Desa Sudamanik mengancam keselamatan jiwa, karena banyak rumah mengalami kerusakan akibat pergerakan tanah itu.

Berdasarkan pendataan sebanyak 104 rumah mengalami kerusakan dan beberapa di antaranya rusak berat. Karena itu, pemerintah daerah melakukan relokasi guna mencegah korban jiwa.

Apalagi, pergerakan tanah di daerah itu terjadi setiap hari dan cukup membahayakan jika tidak cepat dilakukan penanganan. “Kami minta warga yang direlokasi itu menerimanya, sehingga bisa terhindari dari ancaman bencana alam,” harapnya. (Lb/Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here