Harga Telur dan Daging Ayam Naik. Ini Kata Kemendag

Serang, Liputanbanten.co.id – Akibat kurs dollar naik Harga telur ayam dan daging ayam merangkak naik signifikan. Hal demikian dikatakan Inspektur Jendral (Irjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina

Kenaikan ini terjadi diakibatkan pakan ayam yang menunjukan kenaikan, sedangkan pakan yang digunakan oleh peternak ayam rata-rata adalah pakan impor. Saat ini nilai tukar dollar terus menguat hingga 14 ribu rupiah sehingga akan berpengaruh kepada impor dan ekspor komoditas.

“Yang perlu memang menjadi kawalan kita itu telor ayam dan daging ayam. Saya sudah cek karena harga pakan kita naik karena sebagian kita impor,” kata Srie saat meninjau harga pangan di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Jumat (11/5).

Lanjut Srie, dirinya berharap Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Banten agar segera mungkin mengambil langkah-langkah preventif untuk meminimalisir harga pakan ayam dengan harga yang terjangkau oleh para peternak.

“Mudah-mudahan pemerintah daerah kedepan Gubernur Provinsi Banten dan Dinas Perindag itu bisa memfasilitasi agar peternak kita mendapat DOC sumber pakan yang lebih murah dari perusahaan yang lebih besar yang terintegrasi,” katanya.(Lb/AR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here