Wagub Banten Sebut Pembangunan SDM Perlu Ditingkatkan

Wagub Banten, Andhika Hazrumy saat melakukan kunjungan kerja ke BSD Tangerang, Kamis (12/9/2019).@Foto:Febri/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) pada acara Musyawarah Nasional ke-IV Koalisi Kependudukan Indonesia di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Kamis (12/9/2019).

Andika mengatakan, pembangunan kependudukan langkah penting dalam mencapai pembangunan berkelanjutan. Apalagi, penduduk sebagai modal dasar dan faktor dominan pembangunan.

Maka itu, kata dia, Pemprov Banten sangat mendukung dalam pembangunan sumber daya manusia, melalui program prioritas peningkatan kualitas dan aksesibilitas pendidikan dan peningkatan kualitas kesehatan.

“Musyawarah Nasional Ke-IV Koalisi Kependudukan Indonesia merupakan forum strategis dalam rangka keselarasan dan sinergitas kebijakan program kerja, dan kegiatan pembangunan kependudukan dalam rangka pembangunan sumber daya manusia Indonesia unggul dan berdaya saing,” kata Andhika seusia kunjungan ke Tangerang, dan di temui di KP3B, Kamis (12/9/2019).

Lanjut Andika, Pemprov Banten juga mendukung kerjasama dari pemerintah pusat melalui dana dekonsentrasi, dengan pemerintah kabupaten maupun kota di Banten. “Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kualitas sumber daya manusia berkorelasi positif dan signifikan terhadap tingkat kesejahteraan. Sehingga semakin baik tingkat kualitas modal manusia (human capital) akan semakin baik pula tingkat kesejahteraan,” jelasnya.

Saat ini Provinsi Banten, dikatakan Andhika, merupakan salah satu dari lima provinsi dengan luas wilayah terkecil di Indonesia. Yakni, dengan luas mencapai 9.662,92 Kilometer (KM) dan Jumlah penduduk Provinsi Banten pada tahun 2018 sebanyak 12,69 juta jiwa ataupun peringkat ke-5 di tingkat nasional. Maka itu, sambungnya, laju pertumbuhan penduduk Provinsi Banten pada tahun 2018 mencapai 2,17 3 persen dengan kepadatan penduduk sebesar 1.314 jiwa atau peringkat ke-3 di Indonesia.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Banten tahun 2018 sebesar 71,95, menduduki peringkat ke-8 di Indonesia, lebih tinggi dari angka nasional yang sebesar 71,39. Makanya kita harus berusaha mensejahterakannya,” tandasnya.(Lb/Fs/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here