Mahasiswa Pandeglang Gelar Aksi Refleksi Hari Pahlawan

Mahasiswa Kumandang membawa spanduk aksi bertuliskan "Menolak Lupa Jasa Pahlawan", Kamis (12/11/2015). (Foto: Ysf/Ist)

Pandeglang, liputanbanten.com –  Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Pandeglang (Kumandang) menggelar aksi refleksi di Tugu Jam Alun-alun Kabupaten Pandeglang,  Kamis (12/11/2015). Aksi yang berlangsung pukul 10:00 WIB itu dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada Selasa (10/11/2015) kemarin.

Hamami, Korlap Aksi mengatakan, kemerdekaan Indonesia tidak didapat dengan cuma-cuma melainkan melalui perjuangan para pahlawan. “Pernahkah terbesitkan dalam benak kita bagaimanakah kehidupan para veteran alias mantan pejuang kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Apakah mereka mendapatkan tempat dan kehidupan yang layak atas apa yang telah mereka perjuangkan?,” ujar Hamami dalam rilisan aksinya yang diterima liputanbanten.com.

“Kalau bukan karena pengorbanan para pejuang tersebut, Indonesia tidak akan dapat meraih kemerdekaannya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan,” imbuhnya.

Menurutnya, para veteran Indonesia hingga kini masih banyak yang belum tersentuh pemerintah. Kehidupan ratusan veteran perang di sejumlah daerah sangat memprihatinkan.

“Para veteran hingga kini masih banyak yang belum tersentuh kaum elit sebagai pemilik kebijakan dan belum disejahterakan jasanya sebagai pahlawan. Mereka hidup dengan sangat kekurangan. Di tengah usia mereka yang sudah lebih separuh abad, mereka tidak dapat merasakan nikmatnya dunia, tetapi masih harus menjalani hari-hari dengan bekerja untuk mencari sesuap nasi, ” katanya.

“Kami mengajak kepada semua masyarakat pandeglang yang berasal dari kalangan manapun, terlebih pemuda untuk menyadari betapa pentingnya suatu penghargaan untuk seorang veteran atau pahlawan,” pungkasnya. (rls/ysf)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here