Dialih Fungsikan Jadi RTH, Pasar Karangantu Bakal Dipindahkan

Ilustrasi Pasar

Serang, Liputanbanten.co.id – Pasar Karangantu yang terletak di Kecamatan Kasemen, Kota Serang akan dipindahkan ke pasar Margaluyu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Serang untuk disulap menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koprasi, dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Serang, Yoyo Wicaksono mengatakan, pemindahan pasar tersebut dilakukan oleh Pemkot Serang untuk menunjang pembangunan kawasan wisata Banten Lama yang saat dimasih dalam tahap pembangunan.

Menurut dia, kawasan Banten lama yang juga masuk dalam wilayah Kota Serang itu belum memiliki RTH. Padahal, seharusnya setiap wilayah memiliki lahan untuk RTH sebagai sumber oksigen bagi lingkungan.

“Rencananya kami akan pindahkan pasar karangantu ke pasar margaluyu. Alesannya kami memindahkan pasar karangantu akan kita bangun sebagai ruang terbuka hijau, untuk mengimbangi pembangunan di kawasan wisata Banten lama,” kata Yoyo, Kota serang, Kamis (12/12/2019).

Namun, untuk merealisasikan pemindahan tersebut pihaknya saat ini menunggu keputusan dari Balai Besar Sungai Ciujung, Cisadane, dan Ciliwung (BBWSC3) untuk dimulainya proyek pengerjaan tersebut.

Karena, lanjut Yoyo, proyek pembangunan pasar tersebut adalah pihak BBWSC3.”Kita akan melakukan pemidahan jika proyek itu sudah berjalan,” lanjutnya.

Langkah itu diambil oleh pihaknya sebagai antisipasi agar tidak terjadinya pembangunan lapak oleh para pedagang saat dilakukan relokasi.

“Kita akan melakukan pemidahan jika proyek itu sudah berjalan, jangan sampai nanti pasar dipindahkan nanti di lokasi itu didirikan lagi oleh para pedagang,” tutupnya.(Lb/Ar/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here