ITB Swadharma dan LKD-PM Gelar Workshop Penulisan Jurnal Internasional

Tangsel, Liputanbanten.co.id – Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma bekerjasama dengan Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM) menggelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus dan Web of Science (WoS).

Acara yang digelar dalam bentuk Webinar Nasional dengan tema : “Kiat Penulisan Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus/Web of Science” ini diikuti sekitar 100 dosen dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air, pekan lalu dalam keterangannya kepada liputanbaten.co.id, Sabtu (12/12/2020).

Kegiatan Workshop ini didukung pula oleh Universiti Malaysia Terengganu (UMT) serta Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan. Selain itu acara ini juga mendapat dukungan dari tiga jurnal nasional sekaligus yaitu Jurnal MANDIRI, Jurnal MADANI, dan Jurnal SOCIETY.

Dalam acara Webinar kali ini menampilkan tiga pembicara yaitu dari Malaysia dan Indonesia. Dua pembicara dari Malaysia yakni Dr. Mahirah Kamaludin dan Jumadil Saputra, Ph.D dari Universiti Malaysia Terengganu. Sedangkan dari Indonesia yaitu Dr. Pitri Yandri, yang juga Kepala LP3M ITB Ahmad Dahlan.

Mahirah membawakan materi dengan judul “Tips And Tricks In Journal Publication”. Jumadil membawakan materi berjudul “How To Prepare And Make Submission An Article”. Sedangkan Yandri membawakan materi yang berjudul “Menulis Artikel di Jurnal Ilmiah”. Para peserta tampak antusias mengikuti acara Webinar yang berlangsung selama 180 menit itu.

Ahmad Fitriansyah, yang juga Dekan Fakultas Ekonomi ITB Swadharma kepada Liputanbanten.co.id mengatakan, Webinar Nasional ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kerja sama antar perguruan tinggi dan para pengelola jurnal ilmiah untuk memberikan motivasi kepada para dosen di Indonesia agar terpacu untuk menghasilkan karya ilmiah yang berstandar internasional. Terutama, karya ilmiah yang bisa di publish pada jurnal internasional dengan reputasi Scopus dan Web of Science (WoS).

“Dengan adanya kegiatan Webinar Nasional ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada para dosen untuk semakin produktif dalam menghasilkan karya-karya ilmiah yang di publish pada jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional yang sudah bereputasi. Tentunya, selain mengadakan acara seperti ini, kami juga akan menggelar Webinar berikutnya dengan tema dan topik yang lain. Seperti pelatihan dalam pengelolaan dan manajemen jurnal serta Open Jurnal System (OJS),” ujarnya.

Sementara itu Syam Batubara, selaku Direktur LKD-PM berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya dalam memberikan pelatihan kepada dosen-dosen dalam menghasilkan karya ilmiah. Bahkan, secara kontinu telah ikut memberikan pelatihan teknik menulis yang benar, apakah itu dalam bentuk penulisan karya ilmiah maupun penulisan populer. Selain itu juga memberikan pelatihan menulis pada media massa kepada para guru dan dosen.

“Komitmen kami di LKD-PM, salah satunya yakni dengan memberikan pelatihan kepada para guru dan dosen, bagaimana cara menulis yang benar. Hal ini sebagai upaya dalam menghasilkan para penulis yang berkualitas, di mana tentunya sesuai dengan standar penulisan yang baik dan benar. Kami juga berkomitmen untuk menghasilkan jurnal-jurnal yang memiliki standar nasional dan internasional, yang salah satunya melalui pelatihan pengelolaan jurnal sekolah oleh para guru dan jurnal kampus oleh dosen-dosen. Dan, Alhamdulillah sudah ada beberap jurnal yang diterbitkan oleh sekolah maupun kampus,” ungkapnya (Lb/Syam/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here