Pilgub Banten Tunggu Keputusan KPU RI, Andika Berpotensi Jadi Lawan Wahidin

Wahidin Halim dan Andika Hazrumy saat menjalani tes kesehatan sebagai calon Gbernur dan Wakil Gubernur Banten pada pilgub beberapa tahun lalu.@Dok/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang akan datang, tidak menutup kemungkinan Wahidin Halim dengan Andika Hazrumy tidak lagi bersama, tetapi menjadi lawan.

Menurut pengamat politik dari Untirta Leo Agustin, pada Pilgub mendatang Wahidin bersama Andika masih memungkinkan untuk bersama. Namun, berpotensi Andika tidak lagi menjadi calon wakil tetapi calon gubernur.

“Kemungkinan untuk bergabung tentu ada. Tapi bukan tidak mungkin AA (Andika) akan maju pada Pilgub akan datang. Jika begini, maka WH-AA agak sulit dipertahankan,” ujar Leo, Rabu (13/1/2021).

Terlepas dari itu, Leo mendapat informasi bahwa ada problem dibalik kebersamaan Wahidin Halim dengan Andika Hazrumy.”Saya dengar, AA (Andika) tidak terlalu dilibatkan dalam perihal kepemerintahan daerah. Tentu hal ini mendorong keretakan di antara keduanya,” katanya.

Jika Wahidin dengan Andika tidak lagi bersama lanjut Leo, tentu juga berdampak terhadap koalisi partai politik. Terlepas dari itu, sebagai contoh perbedaan pandangan politik sudah terjadi di Pilkada Tangsel.

“Polarisasi partai sebenarnya bergerak kedua kubu. Kubu pemerintah, di sini ada PDIP, Golkar, hingga Gerindra dan ada kubu oposisi, di sini ada PKS, PAN, dan Demokrat. Tapi merujuk pada kontestasi pilkada, sebenarnya polarisasi itu tidak benar-benar terjadi. Sebagai contoh di Tangsel. PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, dan PKB serta lainnya punya pilihannya masing-masing,” katanya.

Sementara untuk waktu pelaksanaan Pilgub Banten, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten masih menunggu keputusan KPU RI.“Belum ada keputusan KPU RI,’’ ujar Anggota KPU Banten Iim Rohimah. Dengan demikian, KPU Banten juga belum melakukan langkah-langkah untuk pelaksanaan Pilgub Banten.(Ifn/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here