Presiden Jokowi Pilih Mantan Kapolda Banten Jadi Kapolri

Brigjen Pol Listiyo Sigit Prabowo diwawancara awak media saat masih menjabat sebagai Kapolda Banten, Kamis (26/7).@Dok/Liputanbanten.co.id

Jakarta, Liaputanbanten.co.id – Mantan Kapolda Banten 2016 – 2018 Komjen Listyo Sigit Prabowo dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi jabatan Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan pensiun Feberuari 2021. Jokowi sudah mengirimkan surat ke DPR yang berisi nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri, Rabu (13/1/2021).

Listyo Sigit Prabowo memang bukan orang baru bagi Jokowi. Sebab, sebelum menjadi Kapolda Banten, pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi.”Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Polri ke depan dengan nama tunggal yaitu, Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR. Puan menjelaskan, hasil fit and proper test tersebut nantinya akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR untuk mendapat persetujuan dewan.”Proses akan ditempuh selama 20 hari sejak surat presiden diterima yaitu hari ini Rabu 13 Januari 2021,” ujarnya.

Puan memastikan DPR akan menjalankan proses tersebut sesuai ketentuan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku.”Kita (publik) dapat segera mengetahui apakah Kapolri yang ditunjuk Presiden mendapatkan persetujuan dari DPR,” ungkapnya.

Sebelumnya Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD mengaku sudah menyetor lima nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang pensiun Februari 2021 kepada Presiden Jokowi. Lima nama itu adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono (Akpol 1988A), Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar (Akpol 1988A), Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo (Akpol 1991), Kepala Lemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto (Akpol 1987), dan Kabaharkam Komjen Agus Andrianto (Akpol 1989).(Ifn/boy/jpnn/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here