Cegah Viruas Corona, Dinkes Kota Serang Terus Pantau Mahasiswa Tiongkok

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M Ikbal.@Foto:Dok/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Dinas Kesehatan Kota Serang melakukan pemantauan perkembangan terhadap mahasiswa Tiongkok asal Kota Serang yang saat ini dalam proses karantina di Rumah Sakit (RS) Derajat. Hali itu dikatakan Kepala Dinas Kota Serang, M Ikbal.

“Saat ini memang ada beberapa Mahasiswa asal Kota Serang yang masuk karantina, dan karantina itu sudah dilakukan ditingkat KKP masuk ke Provinsi. Kebetulan karantinanya di RS Derajat,” kata Ikbal kepada wartawan di Serang, Kamis (13/2/2020)

Ikbal Mengatakan, selama masa intubasi berjalan pihaknya menugaskan tim dari Puskesmas ataupun RS untuk melakukan pemantauan. Agar mereka dapat dipastikan tidak terinfeksi virus Corona.

“Dan sekarang ini kita sedang memantau orang-orang yang dianggap sudah bagus, takutnya memang masa intubasinya 14 hari. Jadi saya menegaskan tim kita dari Puskesmas atau RS bisa membantu perkembangan Mahasiswa,” katanya.

Menurut Ikbal, dengan melakukan pemantauan terhadap mahasiswa ini, dapat mencegah terjadinya penularan sehingga masyarakat kota Serang aman dari paparan virus tersebut.

“Dipastikan mereka ini benar-benar tidak terinpeksi pirus corona sehingga tidak menjadi sumber penularan kepada masyarakat kota,” ujarnya.

Mengenai kota Serang sebagai jalur perlintasan, ikbal mengaku, pihaknya tidak melakukan pemeriksaan disetiap tamu atau pengunjung hotel. Karena dikhawatirkan itu akan mengganggu kenyamanan bagi pengunjung hotel tersebut.

“Kalau untuk pemeriksaan tamu hotel tidak, karena itu kan bisa mengganggu nanti muncul isyu ham lagimuncul,” ungkapnya.

Namun, lanjut Ikbal, dilakukannya pememeriksaan hanya mereka yang tercatat dalam perlintasan luar negeri atau di perbatasan-perbatasan itu yang kita ptoteksi.

“Jadi kita yang terdata atau yang tercatat mereka keluarmasuk negara atau yang mereka sudah masuk kita protekai. Jadi kalau semua hotel itu tidak,” kata Ikbal.(Lb/Ar/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here