Virus Corona Menyebar, Vietnam Isolasi Desa Berpenduduk 10 Ribu Orang

Dua orang warga usai menjalani perawatan di Pusat Perawatan Medis Wuhan, China. Foto: AFP/NOEL CELIS/kmp/Liputanbanten.co.id

Liputanbanten.co.id – Pemerintah Vietnam mengisolasi sejumlah desa berpenduduk total 10 ribu orang menyusul ditemukannya enam kasus viruas corona terbaru.

Daerah San Loi yang sudah diisolasi pemerintah Vietnam hanya berjarak 40 kilometer dari ibu kota Hanoi. Son Loi adalah daerah terisolasi pertama di luar China.

“Per 13 Februari 2020, kami harus memberlakukan isolasi dan karantina di wilayah Son Loi,” kata keterangan Kementerian Kesehatan seperti dikutip dari AFP.”Jangka waktunya selama 20 hari,” sambung mereka.

Son Loi merupakan wilayah pertanian di Vietnam yang terdiri dari beberapa desa. Sejak virus corona tersebar di Vietnam sudah ada enam warga Son Loi yang positif terjangkit wabah berbahaya tersebut.

Pada Kamis (13/2/2020), otoritas Vietnam telah mendirikan pos jaga di keluar masuk Son Loi. Seluruh petugas memakai pakaian hazmat. Setiap mobil keluar masuk disemprot oleh cairan desinfektan.

Seorang warga desa Son Loi, Tran Van Minh, menyebut pemerintah sudah melarang warga untuk mengadakan pertemuan skala besar.”Kehidupan kami sangat terimbas. Kami tidak bisa bebas keluar masuk,” ucap Tran.

Sampai Kamis (13/2) virus corona yang bernama resmi COVID-19 sudah merenggut 1.368 orang. Sedangkan, yang terjangkit mencapai lebih dari 60 ribu orang. Sementara itu, jumlah warga Vietnam tertular virus corona mencapai 15 orang.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here