Waspadai Netralitas ASN di Pilkada Lebak, Bajukoko Siap Bantu Tugas Bawaslu

Lebak, Liputanbanten.co.id – Relawan kolom kosong yang tergabung dalam Bajukoko temukan indikasi pelanggaran Pemilu ditatanan Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebak tahun 2018 – 2023.

Panglima Barisan juang kolom kosong Ahmad Hakiki Hakim mengatakan, saat ini pilkada Lebak 2018 hanya diikuti oleh satu pasangan calon, dimana pasangan tersebut berstatus sebagai petahana. Hal itu menurut Hakiki Hakim kemungkinan terlibatnya cukup besar.

“Di pilkada Lebak terindikasi ada dugaan penggalangan pemilu yang sangat kuat oleh ASN, bukan hanya ASN tetapi pemerintahan Desa baik kepala Desa beserta aparatur Desa pun tidak menutup kemungkinan terlibat,” ujar Hakiki saat menghubungi liputanbanten, Minggu (13/5).

Selain itu lanjut Hakiki, adapun pelangaran-pelanggaran yang di Indikasikan akan terjadi diantaranya, adanya penyebaran stiker magrib mengaji yang dibiayai APBD Kabupaten tahun 2017 yang disebar atau ditempel secara serentak ditiap Desa, kantor Kecamatan, dan sekolah-sekolah sebelum tahap penetapan calon. Kedua adanya mutasi pejabat struktural saat dihari penetapan calon.

Ketiga informasi-informasi sepihak dari beberapa staf disalah satu OPD atau SKPD yang mengakui ada pengarah oleh pimpinan untuk tetap membantu atau mengarahkan kesalah satu paslon yang masih memimpin. Dan ke empat pasca saat adanya baliho besar dan umbul-umbul yang terpasang di posko Bajukoko, menguat nya adanya surat ketua RW yang dilayangkan kepada panwaslu kabupaten terkait keberadaan posko Bajukoko.

“Indikasi-indikasi tersebut terus memotivasi relawan kolom kosong yang tergabung dalam Bajukoko untuk selalu waspada dan siaga membantu tugas-tugas pengawasan yang dilakukan Panwaslu,” ucapnya

Masih kata Hakiki, ada beberapa tempat yang rentan yang patut diwaspadai dan diawasi secara intens terutama ditingkat Muspika dan Desa.

“Insya Allah, tim Bajukoko ditiap Kecamatan dan Desa sudah siap pasang mata dan telinga bahkan akan intents koordinasi di setiap panwaslu kecamatan” tandasnya (Lb/Ar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here