Dirut ASDP: Libur Panjang Telah Merubah Pola Mudik

Dirut PT ASDP Indonesian Ferry, Ira Puspadewi menyampaikan paparan mengenai kondisi arus mudik secara umum di tujuh lintasan kepada media di kantor ASDP Cabang Merak. (Foto: Liputanbanten)

Cilegon, Liputanbanten.co.id – Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi mengatakan, dengan adanyak kebijakan pemerintah mengenai libur panjang yang cukup panjang, telah mampu mengubah pola mudik dari sebelumnya biasa bertumpuk pada H-3 dan H-2 lebaran, saat ini sudah berubah karena sejak H-7 sampai H-5 sudah terjadi peningkatan arus mudik yang signifikan.

“Kami masih memperkirakan puncaknya di Merak ini hari ini atau besok. Pengaruh libur panjang ini sangat terasa, sehingga penumpukan penumpang berubah,” kata Ira saat jumpa pers Forum Merdeka Barat 9 (FMB) di Pelabuhan Merak.

Ira mengatakan, pada lebaran tahun sebelumnya puncak arus mudik terjadi pada H-2 dengan jumlah pemudik mencapai 21 ribu lebih untuk roda dua pada 2017 dan totalnya mencapai 173 ribu lebih pemudik pada tahun lalu.

Menurutnya, dalam mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2018, PT ASDP menurunkan sebanyak 217 kapal di tujuh lintasan di seluruh Indonesia. Secara umum arus mudik di tujuh lintasan tersebut pada lebartan tahun ini berjalan lancar.

“Perpanjang libur sangat berpengaruh signifikan pada kelncaran arus mudik. Sebab H-6 tahun ini sudah naik yang signifikan,” kata dia. (Lb/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here