KPU Kota Serang Terima Dua Berkas Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2019

Serang, Liputanbanten.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menerima berkas pendaftaran dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Serang dan Partai NasDem Kota Serang, Jumat (13/10/2017)

Kedua parpol tersebut dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran karena dokumen daftar anggota yang dilengkapi dengan KTA dan KTP jumlahnya telah sesuai dengan rekapitulasi yang tertuang dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

PSI Kota Serang hadir menyerahkan 736 daftar nama anggota, lengkap dengan KTA dan salinan KTP Elektronik/ Suket masing-masing anggota.

Sementara Partai NasDem menyerahkan sebanyak 888 daftar anggota, lengkap dengan KTA dan salinan KTP Elektronik/ Suket masing-masing anggota.

Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin menjelaskan, berdasarkan surat Ketua KPU RI nomor 580 tanggal 12 Oktober 2017, disebutkan bahwa jumlah KTA dan salinan KTP Elektronik/Suket yang diserahkan oleh pengurus parpol tingkat kabupaten/kota kepada KPU kabupaten/kota harus sama dengan rekapitulasi jumlah anggota parpol dalam Sipol.

“Apabila kurang dari Sipol, maka kami kembalikan untuk dilengkapi paling lambat sampai berakhirnya waktu pendaftaran. Alhamdulillah PSI dan Partai NasDem yang mendaftar hari ini, dinyatakan sudah sesuai dan lengkap,” kata Heri kepada awak media.

Sementara itu, Divisi Hukum KPU Kota Serang, Durotul Bahiyah menyampaikan bahwa tahap berikutnya akan melakukan verifikasi administrasi mulai tanggal 17 Oktober 2017.

“Verifikasi administrasi itu adalah kegiatan mencocokan daftar nama dan alamat anggota parpol dengan KTA dan salinan KTP Elektronik/Suket. Kami menghimbau parpol untuk segera mendaftarkan diri ke KPU sebelum batas akhir tanggal 16 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB,” kata Duroh.

Di tempat yang sama. Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly MM menginformasikan agar Partai Perindo dan PDI Perjuangan segera melengkapi dokumen keanggotaan yang kurang.

Diketahui, Partai Perindo sudah menyerahkan dokumen keanggotaan kepada KPU pada 9 Oktober 2017, sementara PDI Perjuangan pada tanggal 11 Oktober 2017. Namun keduanya dinyatakan masih belum lengkap dan tidak sesuai dengan Sipol.

“Jadi yang sudah mendaftar ke KPU hingga 13 Oktober ini ada 4 parpol. PSI dan Partai NasDem sudah diterima dan lengkap. Sementara Partai Perindo dan PDI Perjuangan sudah mendaftar namun dokumennya kurang sehingga kami kembalikan dan kami tunggu kembali di KPU untuk bisa dilengkapi hingga 16 Oktober,” kata Fierly (Lb/ Mamad).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here