Warga Drangong Kota Serang, Mengeluh Soal Keberadaan Pabrik Plastik

Serang, Liputanbanten.co.id – Warga RW 14 Tegal Padang, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, mendatangi kantor DPRD Kota Serang, pada hari Senin, (12/03/18). Kedatangan mereka yakni untuk menyampaikan keluhannya terkait keberadaan aktivitas CV.Tingkilyng Plastik di wilayahnya, karena dinilai sangat merugikan masyarakat.

Furqon, Salah seorang perwakilan dari masyarakat, mengatakan bahwa perusahaan plastik tersebut belum melakukan pengelolaan limbah B3 sesuai dengan ketentuan, juga belum melakukan pengendalian pencemaran udara sesuai ketentuan yang berlaku.

Menurut Furqon, hal itu sangat merugikan masyarakat setempat. Terlebih saat perusahaan melakukan produksi, suara bising di pemukiman warga pun tak dapat dielakan lagi.

“Hasil dari pemeriksaan laboratorium yang terakreditasi ada beberapa parameter yang melebihi baku mutu yaitu kebisingan di area produksi dan rumah penduduk total Coliform pada bak penampung H¬≤S pada rumah penduduk,” kata Furqon, Senin (12/3/18) kemarin.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Serang, H Namin merespon baik keluhan dari warga, dan pihaknya akan mendorong pemerintah untuk mempertegas dan mengusut perizinan perusahaan tersebut.

“Jika perizinan perusahaan tidak sesuai perjanjian, yang awalnya merupakan gudang. Kemudian penggunaanya ternyata industri maka kami akan mendorong, kepada pihak pemerintah ataupun Dinas Terkait Kota Serang untuk mempertegas dan mengusut mengenai perizinan perusahaan tersebut. Dan apabila izin perusahaan tersebut telah sesuai dengan peruntukannya, maka tetap sebaiknya di bicarakan antara pihak perusahaan dengan masyarakat,”papar Namin.

Hal senada disampaikan perwakilan Dinas Perizinan Kota Serang, pihaknya mengatakan bahwa perusahaan CV. Tingkliyng Plastik dalam pengajuan perizinannya adalah untuk gudang bukan produksi.

“Pengajuan perizinannya adalah untuk gudang bukan produksi. Kami siap untuk segera menutup perusahaan CV. Tingkliyng Plastik,”tegasnya.

Kemudian, Dinas Kesehatan Kota Serang memaparkan bahwa berdasarkan kajian ilmiah bidang kesehatan dampak limbah dari perusahaan CV. Tingkliyng Plastik dapat mengakibatkan penyakit kista terhadap masyarakat yang terkena imbasnya. [Lb/Ram]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here