Rencana Program Kerja 2020 Pemprov Banten Mulai Dikaji

Ino S. Rawita

Serang, Liputanbanten.co.id – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten menggelar Forum Perangkat Daerah tahun 2020. Itu dihadiri sebanyak 70 orang perwakilan dari instansi/lembaga lain dan organisasi perangkat daerah (OPD) penghasil di lingkungan Provinsi Banten serta perwakilan kabupaten/kota, Kamis (14/3/2019).

Penjabat Sekda Banten Ino S Rawita mengatakan, melalui pelaksanaan pembahasan forum perangkat daerah ini dimaksudkan untuk membangun persamaan persepsi dan mendapatkan masukan-masukan dari publik sebagai bagian dari tahapan penyusunan RKPD Provinsi Banten Tahun 2020. “Dari hasil forum perangkat daerah ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan tentang  rancangan rencana kerja Tahun 2020 dan hal-hal strategis lainnya terkait dengan rencana kerja tahun 2020,” kata Penjabat Sekda Banten Ino S Rawita.

Menurutnya, hasil dari forum perangkat daerah nantinya akan menjadi bahan penyempurnaan capaian target renstra badan pendapatan daerah Provinsi Banten tahun 2020. Oleh karenanya ia berharap bahwa capaian renstra badan pendapatan daerah Provinsi Banten Tahun 2020 akan maksimal.

Penjabat Sekda menambahkan, pada saat ini Provinsi Banten sedang memacu pembangunan, prioritas utama pembangunan Provinsi Banten yaitu pertama pelayanan kesehatan di Banten harus gratis.”Bapak Gubernur menginginkan masyarakat yang berobat gratis, namun terkendala aturan yaitu harus melalui BPJS. Untuk itu kita akan membayar ke BPJS untuk masyarakat Banten yang tidak mampu,” kata Penjabat Sekda Banten.

Sedangkan prioritas yang kedua, yaitu pendidikan, Provinsi Banten sudah mengratiskan untuk pendidikan tingkat SLTA/SMA. Sehingga diharapkan masyarakat Provinsi Banten yang usia sekolah dapat mengikuti pendidikan sekolah semuanya. Adapun prioritas yang ketiga yaitu infrastruktur, pada saat ini Provinsi Banten sedang fokus pembangunan jalan yang menjadi kewenangan provinsi dan juga jembatan.

Kepala Bapenda Opar Sohari dalam laporanya mengatakan, pihaknya melaksanakan forum perangkatdaerah untuk meminta masukan atau arahan untuk digunakan pada program 2020. Menurut Opar, Bapenda harus mengikuti visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, yaitu harus bisa melaksanakan pembangunan di Provinsi Banten, agar bisa berjalan dengan baik. Dalam program yang dimiliki Bapenda harus memiliki target yang jelas tidak abu-abu.

“Pada tahun 2019 ini kita memiliki target lebih besar dari tahun sebelumnya dan tidak menutup kemungkinan tahun 2020 kita lebih besar lagi,” kata Kepala Bapenda Opar Sohari. Opar Sohari menambahkan, pada saat ini Bapenda Provinsi Banten memiliki tipe B dan ingin ditingkatkan menjadi tipe A, karena pendapatannya sudah mencapai 11 triliun dengan 11 UPT

samsat yang ada. Dengan adanya forum ini yang rutin dilakukan setiap tahun, diharapkan dapat menghasilkan kajian-kajian yang akan dilaksanakan oleh Bapenda pada tahun 2020 yang akan datang.”Kita sudah melakukan berbagai inovasi dalam upaya mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) terutama dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB),” kata Opar. (Lb/Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here