Jika Ingin Mengalahkan Jokowi di Pilpres 2019, Oposisi Harus Bersatu

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Lembaga Survei Indonesia (LSI) menilai para oposisi Jokowi bisa menang asalkan bersatu. Hal tersebut diungkapkan Peneliti Senior LSI Adjie Alfaraby.

Menurutnya, para elit dan partai oposisi harus bersatu jika ingin menang pada Pemilihan Presiden (pilpres) 2019 mendatang. Tidak ada strategi lain.

“Kalau oposisi ingin menang seperti pemilu di Malaysia, maka pihak oposisi harus bersatu. Tidak ada cara lain,” katanya di Kantor LSI, Jakarta Timur, Senin (14/5).

Adjie juga membeberkan elit atau petinggi partai yang harus bersatu antara lain adalah, Prabowo, Susilo Bambang Yudhoyono, Amien Rais, dan Gatot Nurmantyo.

“Intinya mereka harus bersatu. Kalau kita lihat dari segi gesekan, ada beberapa isu yang sama dengan Malaysia, seperti isu ekonomi, isu masuknya tenaga kerja asing (TKA), masalah korupsi, serta masalah lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Kendati demikian, para oposisi harus menentukan siapa yang bakal maju di pilpres 2019, apakah satu pasangan atau kah dua pasangan yang akan melawan Jokowi.

“Tetapi sekarang sejauh mana elit ini dalam menentukan siapa yang menjadi lawan Jokowi. Sehingga, ini kita sebut bahwa peluang oposisi di Indonesia bisa menang. Itu juga kalau semua tokoh oposisinya bersatu,” imbuhnya.

Oleh karena itu, LSI hampir memastikan Prabowo dan Gatot Nurmantyo tidak akan maju sebagai capres dan cawapres pada pilpres mendatang.

“Dua nama yang masih potensial sampai saat ini adalah Prabowo dan Gatot. Mereka tidak bisa disatukan, seperti Prabowo capresnya, Gatot cawapresnya atau sebaliknya,” pungkasnya. (Lb/Rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here