Mengenal Jenis dan Fungsi Tes Alergi pada Anak

Ilustrasi anak (iStock)
Ilustrasi anak (iStock)

Kesehatan, liputanbanten.com – Jika Anda memiliki anak dan sering mendapatinya terserang alergi, ada beberapa metode yang disarankan secara medis. Dokter Rahajeng dari laman Meetdoctor menjelaskan, anak yang memiliki alergi terhadap suatu makanan, pada umumnya juga memiliki reaksi alergi pada pencetus lain, misalnya pada perubahan suhu lingkungan (kondisi udara dingin atau panas).

“Oleh karena itu, dibutuhkan pemeriksaan tes alergi untuk menentukan pencetus apa saja yang dapat memancing reaksi alergi pada anak, dan kemudian perlu dihindari,” ujar sang dokter.

Tes alergi adalah tes yang digunakan untuk mencari substansi atau zat yang menyebabkan alergi. Tes ini berguna untuk mencari penyebab alergi apabila anak Anda memiliki alergi dan tidak mengetahui apa penyebabnya.

Pemeriksaan alergi untuk menentukan alergen (faktor lingkungan yang berperan memicu reaksi alergi) penyebab, yaitu: Tes Tusuk Kulit, dilakukan dengan meletakkan bahan-bahan alami alergen di permukaan kulit. Lalu ada Tes Tempel, dilakukan dengan meletakkan bahan-bahan kimia dalam suatu tempat khusus lalu menempelkannya pada kulit punggung.

Tes ini boleh dilakukan kapan saja, namun konsultasikan dahulu ke dokter spesialis anak, untuk mengetahui tes mana yang sesuai dengan kondisi anak Anda. (one/viv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here