Penentuan Awal Bulan Syawal 1439 H, Kemenag Gelar Sidang Isbat

Ilustrasi: Dok. Liputanbanten

Jakarta, Liputanbanten.co.id Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Sidang Isbat sore ini untuk memastikan 1 syawal 1439 H di kantor kementerian agama, Kamis (14/6).

Kemenag juga akan memantau hilal di 97 titik yang tersebar di 34 provinsi. Hasil pantauan itu akan menjadi acuan penentuan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Kami telah mengirim petugas Rukyatul Hilal yang akan bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan,” ujar Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin di Jakarta, seperti dilansir situs Kemenag, Rabu (13/6/2018).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin langsung Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jakarta.

Melalui mekanisme Sidang Isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan Muslim Indonesia mengakhiri puasa Ramadan dan berlebaran.

Sidang Isbat tersebut akan dihadiri para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. (Lb/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here