Penahanan Ratusan Tersangka Kerusuhan Ditangguhkan

Petugas kepolisian saat melakukan pengamanan aksi 22 di Jakarta, Kamis (22/5/2019). @Foto:Ist/Liputanbanten.co.id

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Polisi menangguhkan penahanan 100 dari 477 tersangka yang ditangkap dalam kerusuhan yang terjadi pada 21-22 Mei lalu. Penangguhan itu dilakukan dengan berbagai pertimbangan terkait peran setiap individu yang ditangkap.

“Iya betul dari 447, ada 100 orang yang juga sudah ditangguhkan (penahanannya) oleh penyidik dengan berbagai pertimbangan,” kata Kabag Penum Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2019).

Beberapa pertimbangan tersebut meliputi bobot keterlibatan tersangka dalam kerusuhan 21-22 Mei, hingga kondisi kesehatan. Begitu juga adanya temuan beberapa di antaranya hanya merupakan korban.

Terkait adanya keluhan keluarga yang menyebut sulit untuk menemui para tersangka, Asep menjelaskan penyidik memerlukan waktu berkonsentrasi dalam memeriksa.

“Tentunya pada fase pertama setelah dilakukan upaya penangkapan ini penyidik perlu waktu memeriksa sehingga perlu ada ruang dan waktu penyidik melakukan upaya-upaya secara terkonsentrasi pemeriksaannya,” kata dia.

“Jadi kalau ada kesan tidak boleh pada saat itu ya tentunya memang seperti itu. Tapi kan kemudian kita berikan akses nyatanya apa? 100 dari 447 penyebar ini kita lakukan penangguhan artinya itu ada sebuah komunikasi kan, baik keluarga maupun kuasa hukumnya. Jadi tidak benar itu (pelarangan), hanya persoalan waktu saja,” pungkasnya. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here