Asman Abnur Mundur Dari Jabatannya Sebagai MenPANRB

Ilustrasi: Menpan-RB

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Politikus PAN yang jadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Asman Abnur, akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya, terkait dinamika koalisi jelang Pilpres 2019.

Pengunduran diri itu disampaikan oleh Waketum PAN Viva Yoga Mauladi, Selasa (14/8). Menurut Viva, Asman tak ingin menjadi beban politik bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pak Asman menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet, dari pemerintahan Pak Jokowi. Alasannya yang pertama Pak Asman Abnur tidak mau membebani pemerintah ini,” ucap Viva di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/8).

Pengunduran diri itu terkait dengan sikap politik PAN yang mendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Istana melalui Mensesneg Pratikno lalu mengumumkan akan mengganti Asman Abnur.

PAN kata Viva, memahami keinginan istana yang ingin mencopot Asman. Namun, sebelum direshuffle, PAN memilih menarik mundur menterinya dari Kabinet Jokowi-JK.

“Karena secara politik PAN itu berbeda pilihan dengan koalisinya Bapak Jokowi. Pak Asman Abnur merasa kalau kemudian berbeda itu maka lebih baik Pak Asman Abnur mengundurkan diri sebagai menteri,” tuturnya.

Viva menyatakan Asman sudah bertemu dengan Pratikno untuk menyampaikan pengunduran diri itu. Asman akan menyampaikan sendiri pengunduran diri itu secara resmi.

“Saya rasa presiden juga tidak akan berkeberatan karena ini adalah dalam rangka menjaga fatsun politik, menjaga keadaban dalam berpolitik. Kalau kemudian dari partai politik berbeda pilihan politik terutama ini Pilpres kita semuanya harus saling menghormati,” paparnya. (Lb/Kumparan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here