Ribuan Santri Berebut Juara Pospeda Tingkat Provinsi Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim saat menghadiri acara Pospeda VI Tahun 2019, Senin (14/10/2019).@Febri/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Dalam menggali potensi dalam membangun pondok pesantren, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten tengah fokus dalam melakukan pembinaan kepada para santri di berbagai bidang. Antara lain, bidang seni dan olahraga.

Hal itupun, sekaligus sebagai wahana silaturahim dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air. Terlebih pada tahun 2016, Banten keluar sebagai juara umum dengan perolehan 19 emas dan 9 perak.

Demikian diungkap Gubernur Banten, Wahidin Halim saat membuka Pekan Olahraga Pesantren Daerah (Pospeda) VI Tingkat Provinsi Banten di Halaman Masjid Raya Al-Bantani, Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug Kota Serang, Senin (14/10/2019).

Wahidin Halim mengatakan, mengenai pesantren sudah jadi tanggungjawab pemerintah untuk membiayai. Tahun depan perhatian pun akan difokuskan dan mempererat silaturahmi.”Semoga kegiatan ini menjadi silaturahmi, dan Banten menjadi ujung tombak penegakan agama. Agar dapat di contoh oleh daera lain,” ungkapnya.

Wahidin Halim juga mengaku, mengenai pesantren sudah jadi tanggungjawab pemerintah untuk membiayai, dan kewajiban Gubernur Banten untuk memperhatikanya.”Sebagai bentuk perhatian dan kontribusi pemerintah, Pemprov Banten telah menyantuni dengan dana hibah kepada 1.332 pondok pesantren dan guru ngaji,” jelasnya.

Diketahui, Pospeda VI Tingkat Provinsi Banten 2019 diselenggarakan mulai tanggal 14 – 16 Oktober 2019 mendatang. Diikuti 1.101 peserta dari 8 Kabupaten/kota di Provinsi Banten. Yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Ada 12 cabang olahraga yang dikompetisikan dalam Pospeda VI Tingkat Provinsi Banten 2019. Lima (5) cabang olahraga diantaranya atletik dan pancak silat. Tujuh (7) cabang perlombaan di bidang seni, diantaranya kaligrafi islami dan pidato bahasa.

Dalam kesempatan itupun, turut hadir Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten, A Bazzari Syam, tokoh masyarakat dan para tamu undangan.(Lb/Fs/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here