Pemimpin Myanmar Digugat Dipengadilan Argentina

Citra Aung San Suu Kyi @Foto:Kmp/Liputanbanten.co.id

Liputanbanten.co.id – Tokoh pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi digugat di pengadilan Argentina atas tuduhan genosida terhadap etnis Muslim Rohingya. Ini adalah gugatan hukum pertama yang diajukan terhadap Suu Kyi.

Diberitakan Reuters, gugatan ini diajukan kelompok hak asasi manusia Amerika Latin dan Rohingya pada Rabu (13/11/2019). Gugatan diajukan berdasarkan prinsip “yurisdiksi universal” yang dianut beberapa negara dunia.

Dalam yurisdiksi universal, beberapa tindak kriminal seperti kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, bisa diadili tanpa batas negara. Pengadilan juga bisa mengeluarkan surat penangkapan jika tergugat dinyatakan bersalah.

“Gugatan ini diharapkan memberi sanksi kriminal kepada pelaku, kaki tangan, dan upaya menutupi genosida. Kami melakukannya di Argentina karena tidak ada kemungkinannya mengajukan di tempat lain,” kata pengacara Tomas Ojea kepada AFP.

Tidak hanya Aung San Suu Kyi, beberapa petinggi militer Myanmar juga dilaporkan dalam gugatan itu termasuk Panglima Min Aung Hlaing. Suu Kyi dianggap tidak berbuat apa-apa dalam menghentikan pembantaian ribuan Rohingya di Rakhine oleh tentara.

“Selama puluhan tahun, pemerintah Myanmar ingin memusnahkan kami dengan mengumpulkan kami di tempat kumuh, memaksa kami pergi dari negara kami dan membunuhi kami,” kata Tun Khin, President Organisasi Rohingya Burma Inggris.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here