Teknik Industri Unbaja lakukan kunjungan ke GMF AeroAsia

Tangerang, Liputanbanten.co.id – Prodi Teknik Industri Universitas Banten Jaya melaksanakan kunjungan (Plant visit) ke Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia di Soekarno Hatta International Airport Cengkareng – Indonesia, Selasa (15/5). Rombongan Prodi Teknik Industri Unbaja diterima oleh Siska L.Tobing Selaku Corporate Communication & CSR GMF AeroAsia.

Siska menjelaskan kepada rombongan terkait bagiamana proses maintenance, repair, dan overhaule pesawat yang dengan antusias dicermati oleh rombongan mahasiswa teknik industri Unbaja. Siska juga menjelaskan bahwa fasilitas GMF AeroAsia seperti Hangar 1-4, Workshop, Engine Cell, dan Engine Store serta memberikan pemahaman terkait Standar Operation Process (SOP) proses maintenance.

Salah satu mahasiswa, Irfan Ismail berdialog dan bertanya tentang proses maintenance dan mesin yang digunakan. Dalam plant visit ini antusiasme mahasiswa sangat tinggi karena 60% mahasiswa, baru pertama kali melihat secara langsung, mesin pesawat, proses maintenace, dan hangar yang dimiliki Garuda Indonesia sebagai maskapai terbaik di Indonesia sehingga mahasiswa termotivasi untuk belajar dengan giat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa secara softskill dan hardskill agar mahasiswa dapat menjadi bagian dan dapat bekerja di perusahaan skala nasional dan internasional.

Adapun rombongan mahasiswa Teknik Industri terdiri dari semester 2 dan 4 didampingi oleh dosen pembimbing yaitu Afni Khadijah, S.T., M.T. , Herry Kartika Gandhi, S.T., M.T., Anita Dyah Juniarti, S.T., M.T., dan Erni Krisnaningsih, S.T., M.T.

Ketua pembina Plant visit, Afni Khadijah, S.T., M.T. mengatakan, maksud dari Plant Visit ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa teknik industri Unbaja dengan tujuan.

“Mengenalkan proses perawatan, repair, dan overhaul pesawat oleh GMF Aero Asia, Mengenalkan Fasilitas GMF Aero Asia yaitu Hangar, Workshop, Engine Cell, Apron, Taxy Ways, Run Up Bay, Central Store, dan Engine Shop; dan Mengenalkan Standar Operasional Process yang diterapkan oleh GMF Aero Asia untuk melakukan perawatan pesawat,” kata Afni Khadijah.

Sementara Ketua pelaksana plant visit, Feri Nurhadi Irawan menambahkan bahwa sasaran  kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa teknik industri pada industri maskapai penerbangan Indonesia dalam proses perawatan, repair, dan overhaul pesawat oleh GMF.

“Disamping itu, mendorong motivasi mahasiswa teknik industri untuk dapat melihat langsung proses perawatan pesawat untuk memberikan rasa aman dimana semua pekerjaan menerapkan SOP yang ketat,” tandasnya (Lb/Ram)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here