Harga Bawang Lagi Murah Cuma Rp20 Ribu

Ilustrasi

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Pasokan bawang merah yang melimpah, membuat harga komoditi ini anjlok. Jika pekan lalu masih Rp 24 ribu per kilogram, hari ini turun lagi menjadi Rp 20 ribu.

Padahal sebelumnya harga bawang merah bertengger di angka Rp 38 ribu per kilogram. Tidak jauh beda dengan bawang putih. Pada awalnya Rp 40 ribu per kilogram, kini dijual Rp 24 ribu.

Seperti yang dikuti dari JPNN, di Pasar Ciputat, Sabtu (15/9), bawang merah dan putih yang dijual kualitas super. Selain kadar airnya sedikit, ukuran fisiknya juga besar. Ini membuat konsumen senang karena bisa mendapatkan barang murah berkualitas baik.

“Enak benar belanja bumbu sekarang. Semuanya murah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih. Ini bawangnya besar-besar dan kering lagi. Jadi bisa disimpan lebih lama,” ungkap Ossy Indriani yang ditemui tengah memborong bumbu-bumbu dapur.

Sementara Mustofa, pedagang bumbu mengungkapkan, murahnya harga bawang merah dan putih lantaran pasokan melimpah. Selain petani banyak yang panen, pasokan dari luar daerah juga banyak.

“Kalau bawang merah yang besar dan warna ungu ini dari Brebes. Ada juga dari Jawa Timur, cuma konsumen lebih suka dari Brebes karena rasanya lebih kuat,” terang pedagang yang memiliki beberapa lapak di pasar tersebut.

Masih stabil harganya menurut Mustofa, ialah tomat. Di musim kemarau, harga tomat agak membaik dijual Rp 10 ribu per kilogram. Berbeda ketika musim hujan, harga tomat akan turun.

“Tergantung musim sih ya. Kalau kemarau begini cabai dan bawang pasti bagus hasilnya jadi harganya murah,” tandasnya. (Lb/jpnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here