Melalui Sidang di DKPP, Wahyu Setiawan Dipecat Dari KPU

Mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. @Foto: Ist/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah menggelar sidang atas kasus dugaan suap yang dilakukan Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Rabu (15/1/2020).

Dari sidang tersebut, DKPP lalu memutuskan memecat Wahyu Setiawan karena dianggap telah melanggar kode etik penyelenggara pemilu.

“Memutuskan, satu, mengabulkan pengaduan para pengadu (Bawaslu) untuk seluruhnya. Dua, menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Wahyu Setiawan selaku anggota KPU RI sejak putusan ini dibacakan,” ucap Muhammad membacakan hasil putusan DKPP di ruang sidang, Kamis (16/1/2020).

“Tiga, memerintahkan Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini. Empat, Presiden RI untuk melaksanakan putusan ini paling lambat 7 hari setelah putusan ini dibacakan,” lanjutnya.

Wahyu Setiawan sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap karena diduga menerima uang suap untuk memuluskan langkah caleg PDIP Harun Masiku ke DPR RI melalui proses pergantian antar waktu (PAW).

Usai ditetapkan sebagai tersangka, sebenarnya Wahyu Setiawan juga sudah mengajukan pengunduran diri melalui sebuah surat. Namun Presiden Jokowi belum menerbitkan pemberhentian lantaran menunggu putusan DKPP.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here