Jembatan Gantung Penghubung Antar Desa Ambruk Dihantam Banjir

Serang, Liputanbanten.co.id – Jembatan penghubung antara Desa  Cidahu, Kecamatan Kopo Kabupaten Serag dan Desa/Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang ambruk dihantam arus sungai yang meluap. Hal itu terjadi lantaran pembangunan jembatan tersebut terlalu rendah.

Camat Kopo, Asmawi mengatakan, ambruknya jembatan tersebut terjadi pada Minggu (15/4) sore. Saat itu arus sungai yang melintas dibawah jembatan meluap sangat deras dibarengi dengan sampah yang menyangkut ke jembatan dan mengakibatkan ambruk.

“‎Jembatannya baru setahun kurang, terlalu rendah (bangunannya-red), permasalahannya bukan karena bangunanya yang gak bener. Kalau terlalu pendek kan ketika arus tinggi banyak sampah yang nyangkut, dan jembatan jebol,” kata Asmawai saat dikonfirmasi, Senin (16/4).

Akibat jebolnya jembatan ini, kata dia akses jalan warga Kampung Kamarang RT 3/04, Desa Cidahu Kecamatan  Kopo, Kabupaten Serang dan Desa/Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang menjadi terganggu.

“Mudah-mudahan ada tanggapan untuk kepentingan masyarakat, surat pemberitahuan sudah kita laporkan ke pihak terkait,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan,‎ banjir pada Minggu, (15/4) melanda beberapa Kecamatan, antara lain wilayah Kecamatan Cikande meliputi Kampung Bauan, Desa Parigi, Kampung Cilotik dan Kampung Parigi Desa Songgom. Ketinggian air mencapai 10 sampai 20 centimeter diluar rumah.

“Warga yang terdampah masih tinggal di rumah, kondisi genangan air saat ini sudah surut,” katanya.

Kemudian, kata dia untuk banjir di Kecamatan Kopo mengakibatkan jembatan penghubung antara Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang ambruk. Banjir tersebut diakibatkan oleh meluapnya sungai Cidurian.”Kondisi air sudah kembali normal, kembatan sudah dapat dilalui. Jembatan sudah diperbaiki oleh warga dengan bergotong royong secara swadaya,” pungkasnya. [Lb/Yna]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here