Kukuhkan Paskibraka, Bupati Serang: Kalian Pemuda Terbaik

Foto: Liputanbanten

Serang, Liputanbanten.co.id – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 72 pada hari esok (17/08)  Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengukuhkan petugas pengibar bendera Paskibraka Kabupaten Serang di Pendopo, Rabu (16/08). Pengukuhan tersebut dihadiri Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Kapolres Serang Akbp Wibowo, Dandim 06/02 Serang Czi Harry Praptomo, dan jajaran OPD di lingkungan Pendopo.

Bupati Serang menjelaskan,  Paskibraka merupakan pemuda-pemudi terbaik sehingga harus merasa bangga karena mendapatkan kehormatan dan kepercayaan yang tinggi untuk mengemban tugas pada tanggal 17 Agustus. Peran  pemuda-pemudi tersebut diharapkan untuk tampil dan melanjutkan  kepemimpinan bangsa kedepan yang memiliki akhlak dan budi peketi yang baik, cerdas, sehat jasmani dan rohani.

“Perjalanan kalian masih panjang, sehingga harus memiliki  tekad yang kuat untuk mengembangkan diri. Teruslah belajar menjadi masyarakat Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Tatu juga berpesan kepada petugas paskibraka yang mayoritas usia muda, agar tidak tersangkut kasus terorisme dan narkoba. Dengan cara menjaga pergaulan supaya tidak terpengaruh dengan gerakan yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan  perkuat jiwa nasionalisme. Selain itu, masih kata Tatu, penggunaan narkoba sudah memprihatinkan dengan adanya pengedar, pemakai dan korban penyalahgunaan telah masuk ke lapisan masyarakat.

“Jika kita mendapatkan informasi, sebaiknya filter terlebih dahulu dan berkawanlah dengan orang yang bisa membawa kebaikan bagi orang lain agar kita tidak terjerumus dalam hal-hal yang negative yang dapat merugikan kita,” ujarnya

Dia mengaharapkan, pasukan paskibraka bisa menjalankan tugasnya dengan lancar dengan menjaga kesehatan karena sudah melakukan latihan yang panjang sehingga  energi yang dimiliki sudah terpakai saat latihan.

“Karena Paskibraka bukan hanya pengibaran bendera 17 Agustus saja tetapi saat penurunan bendera juga akan ikut serta. Mereka yang tergabung pada sekolahnya masing-masing diajarkan nasionalisme dan patriotisme yang kuat dalam organisasi mereka. Semoga apa yang didapat bisa mejadi bekal untuk modal mereka kedepan, karena apa yang mereka pelajari saat ini akan diterapkan saat bekerja di posisi strategis,” katanya.

Sementara itu, salah satu petugas paskibraka Frezrina mengaku mendapat penghormatan baginya yang mengibarkan bendera pada pada HUT RI ke 72. Persiapan latihan dilakukan sudah sejak jauh hari.

“Saya akan menjalankan tugas ini dengan baik dan membuat orang tua saya bangga ketika mengibarkan bendera merah putih esok pagi,” ucapnya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here