Helmy Yahya Dicopot dari Dirut TVRI

Helmy Yahya.Foto:Kmp/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Helmy Yahya diberhentikan oleh Dewan Pengawas TVRI dari jabatan Direktur Utama TVRI periode 2017-2022. Salah satu alasan Dewas TVRI adalah Helmy Yahya tak menjelaskan pembelian hak siar Liga Inggris yang menelan biaya besar.

Pemberhentian itu tertuang dalam surat Dewas TVRI No 8/Dewas/TVRI/2020. Surat tersebut diteken Ketua Dewas TVRI Hidayat Thamrin pada Kamis (16/1/2020).

Ada lima pertimbangan lain dari Dewas TVRI yang melatarbelakangi keputusan memberhentikan Helmy Yahya. Salah satunya terkait pembelian hak siar Liga Inggris.

“Saudara tidak menjawab atau memberi penjelasan mengenai pembelian program siaran berbiaya besar antara lain Liga Inggris dari pelaksanaan tertib administrasi anggaran TVRI,” bunyi poin pertama dalam surat pemberhentian tersebut.

Perseteruan Helmy Yahya dengan Dewas TVRI sudah pernah di mediasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate pada 6 Desember 2019. Namun mediasi itu sepertinya tak mendamaikan kedua pihak.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here