Disporapar Bakal Kembakang Wisata Snorkling di Pulau Tunda

Pulau Tunda Kabupaten Serang (Ist)

Serang, Liputanbanten.co.id – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Kabupaten Serang akan mengembangkan Pulau Tunda sebagai objek wisata snorkling. Hal itu dikarenakan pulau yang berada di wilayah Kecamatan Tirtayasa tersebut banyak diburu oleh wisatawan dari kepulauan seribu.

Kepala Disporapar Kabupaten Serang, Tahyudin mengatakan,‎ bahwa berdasarkan pantuan yang dilakukan oleh Pokdarwis yang dibentuk oleh pihaknya, wisatawan yang datang ke Pulau Tunda setiap harinya sudah mulai lumayan banyak.

“‎Kalau kita lihat perminggu ada pengunjungnya, ada sekitar 40 sampai 50 orang perminggu, cuma mereka gak nginep, hanya datang untuk snorkling saja terus mereka pulang lagi. Kebanyakan dari mereka dari kepulauan seribu,” kata Tahyudin kemarin.

Oleh karena itu, kata dia‎ dengan mulai banyaknya wisatawan ini tentunya harus segera ada penataan. Namun penataan ini pun harus melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain, seperti Dinas Kelautan kaitan dengan pembangunan dermaga dan  Dinas Perhubungan (Dishub) kaitan akses menuju objek wisata tersebut.

“Jadi‎ kalau ngomong pariwisata itu, kita dari Disporapar tidak kebagian ngebangun fisik, kita hanya pemberdayaannya saja,” katanya.

Meski demikian ia juga mengakui fasilitas di Pulau Tunda khusus bagi wisatawan hingga saat ini masih sangat minim, diantaranya seperti lampu penerangan‎ yang belum 24 jam.”Kalau penginapan memang ada, cuma listrik masih jadi masalah, listriknya hanya beberapa jam saja, mau narik PLN kan gak mungkin,” katanya. [Lb/Yna]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here