Pemkab Lebak Siap Bantu Alat Tangkap Nelayan

Ilustrasi: para nelayan.

Lebak, Liputanbanten.co.id – Dalam memenuhi kebutuhan nelayan, Pemerintah Kabupaten Lebak berkomitmen menyalurkan bantuan sarana alat tangkap nelayan guna mendukung swasembada ikan juga peningkatan ekonomi masyarakat pesisir. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Nelayan Kecil dan Pembudi Daya Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Lebak Rizal Ardiansyah di Lebak, Selasa, (17/4).

“Kita setiap tahun menyalurkan bantuan alat tangkap nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan,” katanya.

Penyaluran sarana alat tangkap itu diantaranya sebanyak 5 unit kapal berkapasitas 3 grosston (GT), 5 unit jaring gilnet dan 5 unit GPS (Global Positioning System). Selama ini, nelayan Kabupaten Lebak sangat membutuhkan bantuan sarana alat tangkap untuk meningkatkan produksi juga ekonomi masyarakat pesisir.

Prasarana alat tangkap nelayan perlu adanya peremajaan,terutama kapal berkapasitas 3 GT.

Saat ini, jumlah kapal 3 GT tercatat 640 unit dan rata-rata berusia 10 tahun sehingga masuk kategori sudah tua dan daya jelazahnya sangat lamban.

“Kami berharap bantuan sarana alat tangkap itu dapat mendongkrak produksi sehingga pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan nelayan,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, penyaluran bantuan alat tangkap nelayan melalui lembaga koperasi nelayan yakni Koperasi Mina Muara Sejahtera dan Koperasi Nelayan Pantai Selatan.

Koperasi itu nantinya digunakan anggota nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB). Pemerintah daerah berkomitmen setiap tahun mengalokasikan dana APBD untuk penyaluran sarana alat tangkap nelayan. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here