Pilkada Calon Tunggal, Fakrab : Kemunduran Demokrasi, Pragmatisme Koalisi hingga Kurap Demokrasi !

Ilustrasi

Lebak, Liputanbanten.co.id – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Lebak semakin dekat, hanya tersisa 10 hari lagi akan digelar, yakni pada 27 Juni 2018. semakin dekatnya pelaksanaan Pilkada justru makin menyesakan, hal tersebut disampaikan Sekjen Fakrab Sandi Rustam saat ditemui, Minggu (17/6).

Menurut Sandi, selebrasi demokrasi rakyat dengan anggaran puluhan milyar tersebut untuk Lebak tidak berjalan mulus, lantaran Sandi mengungkapkan bobot demokrasi yang menjadi esensi penyelenggaraan Pilkada tergerus oleh kondisi objektif yang menghkwatirkan bernama calon tunggal.

“Dimana kontestan Pilkada Lebak saat ini hanya ada satu, yakni calon tunggal yang akan bertarung di gelanggang pemilihan melawan kolom kosong. Sedari awal munculnya calon tunggal di Lebak memantik keresahan publik, dan menimbulkan banyak pertanyaan,” ungkap Sandi.

Lanjut Sandi, Pilkada yang sejatinya merupakan anak kandung demokrasi dan seyogianya dapat menjadi sarana untuk menyaring para duta-duta rakyat untuk memperjuangkan kepentingan dan aspirasi mereka melalui modalitas legal formal sebagai pejabat pemerintah tapi di Kabupaten Lebak justru menurut dirinya mengalami kemunduran.

“Demokrasi yang menyediakan ruang kontestasi, opsi dan dialektika untuk memproduksi produk-produk terbaik bagi rakyat. Melalui sebuah kontestasi dan dialektika kritis, dimana rakyat dituntut bertindak bijak dan bajik dalam menentukan nasib mereka sendiri, tapi apa jadinya jika yang disodorkan hanya satu kontestan, sangatlah sulit untuk menggelitik saraf kewarasan rakyat,” lanjutnya.

Realitas calon tunggal ini, kata Sandi sangat menyesakan dan mengkhawatirkan, hampir mirip dengan zaman kegelapan Orde Baru.

“Ya, Meksipun ada sedikit perbedaan atau tidak sama persis, namun terdapat benang merah berupa koreng dan kurap demokrasi yang bersifat by design yang tentu saja merobek esensi demokrasi dan merugikan rakyat banyak,” tandasnya (Lb/Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here