SBY Akan Hadiri Upacara HUT RI di Istana

Ilustrasi

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) direncanakan hadir dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72 di Istana Negara. SBY akan hadir didampingi oleh istrinya Ani Yudhoyono.

“Presiden RI ke-6 SBY dan Ibu Ani Yudhoyono akan hadir pada upacara peringatan Detik Detik Proklamasi di Istana Merdeka besok,” ujar Ketua Divisi Komunikasi Partai Demokrat Imelda Sari dalam perbincangan, Rabu (16/8/2017) malam.

Imelda menjelaskan sekalipun di Cikeas akan digelar upacara peringatan juga, SBY lebih memilih untuk menghadiri acara di Istana. Upacara di Cikeas pun menurutnya akan dipimpin oleh Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan.

“Tetap datang dong. Akan hadir usai dari Istana. Upacara di Cikeas dipimpin Sekjen PD (Hinca Pandjaitan),” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat itu tak memenuhi undangan sidang tahunan MPR yang digelar Rabu (16/7) kemarin. SBY diketahui sedang mempersiapkan tur kemerdekaan di beberapa provinsi sehingga tak menghadiri acara tersebut. Sementara itu, mantan Presiden dan Wakil Presiden lainnya tampak hadir dalam acara rutin ketatanegaraan tersebut.

“Beliau mau ada acara tur kemerdekaan di Jateng, Jatim, Yogya. Nanti kita akan rapat nanti sore, untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-72. Besok juga nggak bisa datang di upacara kemerdekaan di Istana ya karena ada tur kemerdekaan,” terang Roy di Gedung DPR, Rabu (16/8).

Rencana kehadiran SBY ini memang cukup mengejutkan sebab sejak dirinya tak menjabat lagi sebagai Presiden, SBY tak pernah memenuhi undangan upacara peringatan HUT RI di Istana. Kedatangan SBY ini juga sekaligus menjadi bantahan terhadap adanya anggapan kerenggangan hubungan antara Cikeas dan Istana.(Red/det)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here