6 Rumah di Rancagede Ludes Dilalap Si Jago Merah

Kondisi Kampung Rancagede (berita foto)
Kondisi Kampung Rancagede yang diserang Sijago Merah  (berita foto)

Lebak, liputanbanten.com Telah terjadi musibah kebakaran, Rabu, 18/2. di kp. Rancagede, RT 007/ RW 002, kecamatan Banjar Sari, Labak, pkl. 08:10 WIB. Diakibatkan oleh arus pendek listrik.

Kebakaran ini mengakibatkan 6 rumah hancur rata dengan tanah, 4 rmh rusak ringan. 10 KK dgn 40 jiwa kehilangan tempat tinggal.


Catatan:

Maraknya peristiwa kebakaran yang terjadi diberbagai daerah kebanyakan disebabkan oleh arus pendek listrik atau konsleting. Hal ini kerap terjadi karena penggunaan listrik melebihi kapasitas yang telah ditentukan.
Sebagai contoh kapasita listrik di rumah adalah 900 watt, penggunaannya lebih daripada itu, akibatnya konsleting pun terjadi, karena panas, akhirnya meleleh dan terjadilah percikan api yang mengenai bahan yang mudah terbakar.

Hubungan arus pendek atau korsleting listrik bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain karena:

1. pemasangan piranti listrik yang kurang sempurna, atau adanya kabel yang lecet dan menjadikan kabel yang bermuatan positip bersentuhan dengan kabel bermuatan negative akibatnya menimbulkan arus pendek atau konsletig dengan keluarnya percikan api dari stop kontak atau dari meteran yang meledak.

2. Hubungan arus pendek bisa saja tidak menimbulkan kebakaran apabila perangkat listrik yang terpasang di rumah warga menggunakan pengaman atau alat yang dapat menurunkan meteran secara otomatis.

3. Hubungan pendek arus listrik dapat juga terjadi karena arus listrik melalui jalur yang nyaris tanpa hambatan. Bahayanya saat terjadi hubungan singkat, arus berlebihan mengalir karena tidak dihalangi oleh hambatan dan menyebabkan ledakan. Hal ini dapat dicegah oleh sekering yang berfungsi norma dan dapat terputus dengan sendirinya jika terjadi hubungan singkat. Rangkaian menjadi terbuka dan kebakaran pun dapat dicegah.

Memang tidak semua kebakaran diakibatkan oleh sambungan arus pendek, hanya saja hubungan pendek sudah seringkali menjadi tersangka penyebab utama terjadinya kebakaran.

Penyebab lain dari peristiwa kebakaran adalah tuanya kabel yang dipakai sehingga tidak mampu lagi menahan arus yang begitu tinggi setiap hari sehingga kabel yang rapuh akan panas, makin rapuh dan akhirnya terbakar pada tempat yang rapuh itu, muncullah percikan api kecil yang membakar kabel lain.

Bagaimana cara pencegahannya sebelum terlambat?

-Gantilah instalasi listrik anda jika umurnya sudah melebihi usia 20 tahun pemakaian
-Jangan beli kabel loak atau kabel sembarangan asal murah saja harganya
-Gunakan peralatan listrik yang berstandar atau bercap SNI
-Untuk pemasangan instalasi listrik di rumah pakailah jasa instalator yang berpengalaman dan bersertifikat

Disamping itu lengkapi juga rumah anda dengan perlindungan asuransi kebakaran yang akan menjamin pemberian ganti rugi apabila musibah itu terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here