Fase Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan Dimulai September, Ini Pernyataan CONMEBOL

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengonfirmasi bahwa fase kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dilanjutkan kembali pada September.

“Untuk saat ini, tanggal pasti (dari FIFA) untuk pertandingan itu adalah 4 sampai 8 September dengan format yang telah ditentukan,” demikian pernyataan CONMEBOL seperti dikutip AFP yang dipantau di Jakarta, Sabtu (18/4/2020)

Pada bulan lalu, CONMEBOL meminta FIFA untuk menunda fase kualifikasi. Hal itu disebabkan dua putaran pertama yang semestinya dimainkan pada akhir Maret tidak dapat dimainkan akibat pandemi COVID-19.

Sepuluh tim peserta akan memainkan laga-laga kandang dan tandang dengan format round robin.

Dengan demikian total terdapat 18 pertandingan. Jumlah itu lebih banyak daripada yang dimainkan konfederasi-konfederasi sepak bola lainnya.

Dua pertandingan putaran pertama perlu dijadwal ulang, namun CONMEBOL mengatakan tanggal baru untuk laga-laga tersebut masih akan diratifikasi FIFA.

Copa America juga telah dipastikan ditunda pelaksanaannya sampai tahun depan, sehingga peluang untuk memasukkan dua laga putaran pertama tersebut menjadi cukup sulit.

Hal itu disebabkan, jika dua putaran pertandingan kualifikasi Piala Dunia dimainkan pada 3 dan 21 Juni 2021, Copa America akan dimulai pada 11 Juni.

Dalam kesempatan tersebut, CONMEBOL juga mengatakan pihaknya belum dapat menentukan tanggal baru untuk dimainkannya kembali kejuaraan level klub yakni Copa Libertadores dan Copa Sudamericana.

Namun mereka menegaskan pihaknya bertekad menyelesaikan dua kompetisi tersebut musim ini.

Saat melakukan pertemuan via video dengan presiden-presiden negara anggota, CONMEBOL menegaskan bahwa “prioritas utama adalah menjaga kesehatan keluarga sepak bola Amerika Selatan.” (Lb/Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here