Wabup Serang Ajak Generasi Muda Tanamkan Nilai Perjuangan

Wakil Bupati Kabupaten Serang Pandji Tirtayasa. @Liputanbanten

Serang, Liputanbanten.co.id – Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berlangsung dengan khidmat, Jumat (17/8). Dalam ucapara yang digelar di alun – alun Kecamatan Kramatwatu tersebut, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa bertindak sebagai inspektur upacara.

Pandji Tirtayasa saat ditemui usai upacara mengatakan, bahwa peringatan HUT RI ini bukan hanya sekedar kegiatan seremoni, tetapi yang paling penting adalah bagaiamana menanamkan nilai – nilai perjuangan, bekerja tanpa pamrih seperti sebagaimana yang dicontohkan oleh para penduhulu, pendiri negara dan para pejuang yang telah merebut kemerdekaan dengan berdarah – darah.

“‎Mereka rela mengorbankan darahnya, jiwanya, raganya untuk merebut kemerdekaan, dan mereka tidak mengharap balas jasa, tidak mengharap jabatan, tidak mengharap pamrih materi. Nilai – nilai perjuangan itu lah yang ingin kita tanamkan, khususnya terhadap generasi muda ditengah gempuran hedonisme, ditengah gempuran pragmatisme,” kata Pandji.

Pandji juga menegaskan peringatan 17 Agustus adalah setetes embun untuk menyadarkan kembali tentang masa depan negara‎ dan bangsa. Dan generasi muda akan memegang estafet kemimpinan di masa yang akan datang.

“Oleh karena itu generasi muda kita berikan pembinaan dan pelatihan melalui Paskibraka, ditanamkan kecintaan terhadap bendera pusaka, dilatih disiplin, dilatih konsisten alam sikap dan perbuatan. Ada banyak model pembinaan yang kita lakukan, seperti. Melalui palang merah, dan melalui organisasi kepemudaan,” ujarnya.

Ia juga meyakini generasi muda di Kabupaten Serang banyak yang memiliki idealisme. Kalaun pun ada satu dua yang tersandung kasus, kata dia tentunya tidak dapat di generalisir‎ bahwa generasi muda di Kab. Serang tidak dapat diharapkan.”Kami masih meyakini banyak generasi muda kita masih berpijak pada rel yang benar,” tuturnya.

Sebelum melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI Ke-73, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sebelumnya, pada Rabu (15/8) memberikan penghargaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berjasa dalam menjalankan program Pemkab Serang. Penghargaan berupa Satyalencana Karya Satya tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Binuang yang sudah mengabdi untuk masyarakat setempat. Kemudian Pemkab Serang pun tak lupa memberikan penghargaan pengabdian terhadap 600 veteran dan bantuan yang memenuhi kebutuhan pokok.

Sementara itu, Ketua Perstuan Purnawirawan Angakatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri) Kabupaten Serang, Budiono sangat mengapresiasi kegiatan peringatan HUT RI Ke -73 yang ‎digelar oleh Pemkab Serang. Menurutnya, kegiatan tersebut memiliki makna agar generasi muda terpacu untuk lebih giat mengisi kemerdekaan.”Semoga kegiatan ini menjadi momentum untuk menggugah semangat anak – anak muda,”‎ tuturnya. (Advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here