Permudah Surat Menyurat, Pemprov Banten Terapkan Aplikasi SiMaya

Sekda Banten, Al Muktabar saat menyampaikan fungsi aplikasi SiMaya, di aula Setda Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Jum'at(18/10/2019).@Foto:Febri/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Dalam rangka penerapan e-Goverment, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Banten, tengah berusaha untuk mensosialisasikan aplikasi e-Office yakni, Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SiMaya) ke seluruh OPD untuk digunakan dalam tata kelola administrasi perkantoran berbasis digital.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Banten, Al Muktabar menjelaskan, SiMaya merupakan aplikasi Sistem Administrasi Perkantoran Maya tersebut, sistem ini akan membantu tata kelola dan mengendalikan layanan administrasi atau surat-menyurat di internal. Bahkan, kata dia, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Banten tersebut, diwajibkan menggunakan SiMaya.

“Kita saat ini sudah tidak bisa lagi memungkiri keadaan, karena harus terpenuhi azas akuntabilitas, azas efektifitas, efisiensi, transparansi dan azas-azas lainnya. Kita harus bisa mewujudkan Pemerintah berbasis digital,” ungkap Al Muktabar, saat membuka kegiatan Rakor Implementasi Program E-Office di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten bertempat di Aula Setda, KP3B, Curug, Kota Serang, Jum’at (18/10).

Menurut Al Muktabar, aplikasi ini nantinya  akan mempermudah OPD dalam hal membuat konsep surat menyurat, sehingga lebih efesien. Selain itu, kata dia, aplikasi itupun bisa mempermudah pimpinan melakukan pengawasan dalam rangka  akuntabilitas.

“Kita akan terus menggunakan, mengacu dan melakukan inovasi. Bahkan kita dapat memanfaatkan teknologi secara lebih positif membawa kita dalam mencapai tujuan pembangunan di Provinsi Banten khususnya dan tentu pada akhirnya tujuan pembangunan nasional,” jelasnya.

Sekda juga menambahkan,  saat ini secara bertahap Pemprov Banten menginginkan layanan publik yang cepat dan tepat waktu, salah satunya adalah dengan menggunakan aplilkasi si Maya, dimana dengan aplilkasi ini ASN  dalam menjalankan tugas sehari harinya akan lebih efesien khususnya dalam mebuat naskah dinas.

“Kerangka ini sudah lama terbangun,  maka itu ingin kita maksimalkan penggunaannya dan pemanfaatannya termasuk juga nanti disamping E-office kita juga kebetulan saya mewakili Pak Gubernur menerima penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri terkiat dengan Provinsi Banten terbaik saat ini dalam integrasi Planning dan Budgeting dalam kerangka menggunakan berbagai aplikasi yang terintegrasi untuk mendukung langkah-langkah kita bagi transparansi, keterbukaan, kecepatan, kemudahan dan seterusnya dalam kerangka perencanaan dan penganggaran,” tandasnya.

Diketahui, penerapan Simaya mengacu pada Surat Edaran Menpan Nomor 5 Tahun 2013 tentang penggunaan aplikasi tata naskah elektronik pada instansi pemerintah dan Perpres 95 Nomor 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.(Lb/Fs/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here